Cara Kerja dan Fungsi Flasher pada Mobil

Baaca.id – Mengerti kah Anda apa itu flasher mobil? Flasher mobil merupakan salah satu komponen dalam kendaraan yang berperan buat menyuplai arus listrik ke lampu yang berubah-ubah sehingga nyala lampu bisa nampak berkedip.

Komponen pada mobil ini berperan sebagai lampu ketika ingin berbelok. Bila Anda hendak berbelok ke kiri, Anda harus memberi tahu pengemudi yang berada di belakang atau depan Anda.

Nah, nyala lampu yang berkedip ini kerjanya diatur oleh flasher. Bagaimanakah cara kerja flasher pada mobil?

Prinsip kerja lampu flasher ataupun kedipan lampu sein bisa dipecah jadi sebagian jenis semacam jenis kapasitor, jenis contact point, serta jenis transistor. Kemudian pada jenis kapasitor, kapasitor hendak secara otomatis mengendalikan elektromagnet, sehingga lampu flasher bisa berkedip otomatis.

Terdapat sebagian komponen pada flasher mobil, semacam baterai, contact point, resistor, arus output, kapasitor ataupun elco, lilitan 1, serta lilitan 2.

Ada pula prinsip kerja pada flasher mobil ialah ketika contact point diputar pada posisi ON, arus akan mengalir lewat titik sentuh/contact point serta kumparan, sehingga bisa mengisi kapasitor.

Pada saat yang sama, inti besi yang terletak dalam kumparan 1 akan jadi magnet serta menarik contact point sehingga terbuka, dan lampu flasher akan mati. Pada saat itu pula, kapasitor C akan mulai melepas muatan contact point yang terbuka sebab pergerakan kumparan L2 hingga penumpukan arus listrik paling banyak berakhir dilepaskan.

fungsi flasher mobil merupakan penyuplai arus listrik ke lampu sein supaya dapat menyala serta nampak berkedip.

Berikut akan kami jelaskan lebih lanjut mengenai fungsi flasher pada mobil.

Baca Juga:

Fungsi Flasher Mobil                                      

Seperti yang sudah sedikit disinggung tadi, fungsi flasher mobil merupakan selaku penyuplai arus listrik ke bagian lampu sein pada mobil. Lampu sein merupakan indikator untuk kendaraan lain dikala Anda hendak berbelok.

Tanpa terdapatnya lampu sein, berkendara di jalur raya tentu jauh lebih berisiko, karena tidak diketahui Anda hendak berbelok sehingga perihal tersebut tingkatkan risiko kecelakaan.

Istimewanya, lampu sein ini berbeda dari lampu lain di komponen mobil sebab bisa berkedip kala dinyalakan. Kedip pada lampu sein memanglah didesain sedemikian rupa supaya jadi indikator kalau Anda hendak berbelok.

Fungsi flasher mobil sangat berarti sebab selaku bagian yang menyalakan sekalian membuat sein berkedip. Apabila flasher rusak, hingga arus listrik tidak hendak mengalir ke lampu serta sein tidak dapat nyala.

Cara Memakai Flasher Mobil

Sesungguhnya gampang saja bila Anda mau memakai fungsi flasher mobil, tinggal aktifkan tuas yang terdapat di zona kemudi. Secara otomatis, flasher hendak mengalirkan arus listrik ke bagian sein supaya lampu di bagian tersebut nyala sekalian berkedip.

Kemudian, Anda juga bisa mengendalikan sendiri bagian sein kiri ataupun kanan yang mau dinyalakan. Bergantung pada arah mana yang hendak dituju buat berbelok.

Buat metode kerjanya sendiri, flasher mengandalkan perpindahan arus listrik lewat kumparan yang dapat jadi magnet kala arus dialirkan.

Dengan kumparan ini pula berperan selaku sirkuit listrik yang menghasilkan relay, yang membuat lampu sein berkedip kala tuas dinyalakan.

Perawatan dan Perbaikan Flasher

Mengingat fungsi flasher mobil sangatlah berarti, Anda wajib melaksanakan perawatan supaya bagian ini tidak mudah rusak.

Tetapi, apabila telah telanjur terdapat permasalahan pada lampu sein, berikut sebagian perbaikan yang bisa Anda coba:

  1. Apabila kedua lampu sein tidak bisa menyala, coba cek kunci kontak, sekering, serta flasher. Mungkin besar terdapat kehancuran pada 3 bagian tersebut.
  2. Apabila seluruh lampu sein menyala tetapi tidak dapat berkedip, hingga bagian flasher telah tentu hadapi permasalahan. Anda bisa mengecek kondisi kunci kontak sampai kabel-kabelnya.
  3. Bila lampu sein menyala sebelah tetapi tidak bisa berkedip, cek bagian sakelar lampu ciri belok. Bisa jadi saja sakelarnya tidak berperan dengan baik. Cek pula ikatan lampu yang bersangkutan, bisa jadi saja kondisinya kendor, kotor, ataupun berkarat.
  4. Bila suatu lampu sein tidak menyala, hingga mungkin besar perkaranya bukan pada flasher, tetapi pada lampu itu sendiri. Dapat jadi telah putus filamennya sehingga wajib ditukar dengan yang baru.

Jika lampu sein mobil Anda menyala tetapi tidak berkedip, itu berarti terdapat kehancuran pada flasher.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button