Ganggu Ketertiban Umum, Satpol PP Bone Tindak PKL

BAACA.ID, BONE — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bone menertibkan pedangan kaki lima (PKL), Senin (15/2/2021). Mereka dianggap mengganggu ketertiban umum.

Banyak PKL yang memasang lapak-lapak di atas trotoar. Bahkan ada juga lapak pedagang yang menggunakan badan jalan. Hal ini dinilai membahayakan masyarakat khususnya penyandang disabilitas tuna daksa dan tuna netra.

Kepala Satpol PP Bone, Andi Akbar mengatakan, pihaknya hanya melakukan penertiban PKL yang memang dianggap mengganggu dan melanggar Perda No. 13 Tahun 2016 Pasal 7 ayat 3 dan Pasal 23 ayat 2.

“Sebelumnya kita sudah peringati ke pedagan jangan menggunakan jalan atau trotoar untuk berjualan. Itu dapat mengganggu pengguna lainnya seperti pejalan kaki. Jadi siapa pun itu kalau melanggar dan mengganggu ketertiban umum, kami akan tindaki,” tegas Andi Akbar.

Ketua Disabilitas Bone, Andi Takdir mengapresiasi dan mendukung langkah Satpol PP Bone yang melakukan penertiban terhadap PKL yang sangat mengganggu ketentraman umum. “Di situkan ada jalur pengguna disabilitas. Bagaimana caranya mereka mau lewat kalau jalurnya ditutup?,” ungkap Andi Takdir.

Bukan hanya pedagang, lanjut Andi Takdir, tapi ada juga warkop dan kafe yang sudah menjadikan trotoar sebagai tempat parkir kendaraan. “Tentunya juga saya berharap pihak Satpol PP jangan pilih kasih. Semuanya harus ditertibkan,” harap Andi Takdir. (farhan)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button