Gelar Talk Show KPPN Bone Berikan Pemanfaatan Dana Desa dan PEN

Baaca.id, BONE –KPPN Watampone kembali menggelar Talk Show yang bekerja sama dengan Radio (SBB) Suara Bone Beradat dengan menggandeng Apdesi Kabupaten Bone Sulawesi Selatan Jumat 4/6/2021.

Dimana Talk Show kali ini mengusung tema yaitu lebih dekat dengan (DD) serta tantangan dan pemanfaatan di Desa pada masa (PEN) Pemulihan Ekonomi Nasional.

Dalam Talk Show ini juga menghadirkan dua perwakilan Desa yaitu Desa Mallari Kecamatan Awangpone dan Desa Bulu-Bulu Kecamatan Tonra yang selama ini dinilai memiliki kinerja positif baik dalam keterbukaan informasi publik maupun pemanfaatan dana Desa.

Kepala KPPN Watampone,Rintok Juhirman yang didampingi Kepala Seksi Bank Bpk.Ruswanto dan Fungsional PTPN Fahrul Aprianto dalam kesempatannya menyampaikan latar belakang penyaluran dana desa melalui KPPN di daerah.

“Perkembangan realisasi dana Desa Kabupaten Bone untuk tahun 2021 sebesar Rp. 333.787.856.000,- untuk 328 desa, dan sampai dengan tanggal 4 Juni 2021 sudah terealisasi sebesar Rp142.621.701.440,- atau sebesar 42,73%.,”jelasnya.

Dari jumlah tersebut untuk penyaluran Dana Desa Reguler Tahap I sebesar Rp80.613.106.720,- untuk 327 Desa.

“Dalam hal mendukung penanganan Covid-19 sebesar 8% telah tersalurkan sebesar Rp16.498.514.880,- serta Bantuan Langsung Tunai untuk bulan ke-1 s.d ke-6 sebesar Rp29.984.796.640,- dengan demikian masih terdapat 1 satu desa yang belum tersalurkan.

KPPN Watampone atas nama pemerintah Pusat khususnya Direktorat Jenderal Perbendaharaan menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa atas kerja sama yang baik.

“Sehingga di Kabupaten Bone pada tahun ini mendapatkan penghargaan Terbaik Pertama Kinerja Pengelolaan Dana Desa untuk Tahun 2020 wilayah Provinsi Sulawesi Selatan,”Rintok Juhirman.

Sementara itu Ketua Apdesi Kabupaten Bone Andi Mappakaya Amier, menyampaikan hal-hal yang selama ini menjadi tantangan dalam pemanfaatan Dana Desa .

“Secara umum, pemanfaatan DD dapat ditangani dengan baik berkat kerjasama antara pemerintah Desa dan Kecamatan.

Pemerintah Daerah serta pendamping Desa memiliki peran yang sangat vital dalam memberikan saran-saran dalam pelaksanaan kegiatan di Desa.

“Diharapkan, melalui sinergi yang baik dengan berbagai pihak dapat terus terjalin sehingga mampu meningkatkan keberhasilan program-program pemerintah terutama di Desa,”kata Andi Mappakaya Amier.(Far)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button