Jepang Diterjang Gelombang Tsunami Setelah Dilanda Gempa M 7,2

Baaca.id–Gelombang tsunami setinggi hingga 1 meter menghantam sebagian pantai Jepang hari ini. Tsunami terjadi setelah gempa bumi dengan Magnitudo (M) 7,2 mengguncang di dekat Prefektur Miyagi.

Gempa tersebut melanda pantai Prefektur Miyagi pada pukul 17:26. dan memiliki magnitudo 7,2 pada kedalaman 60 km, kata Badan Meteorologi Jepang.

Gelombang tsunami pertama hingga satu meter menghantam daratan tak lama setelah gempa bumi, demikian saluran televisi lokal NHK melaporkan seperti dilansir DW, Sabtu (20/3/2021).

NHK memperingatkan masyarakat agar tidak mendekati pantai. Tokyo Electric Power mengatakan tidak menemukan permasalahan di pembangkit nuklir Fukushima Daiichi – yang hancur oleh gempa besar Maret 2011 yang menyebabkan krisis nuklir dan evakuasi massal.

Belum ada laporan mengenai korban maupun kerusakan akibat gempa dan tsunami ini.

Gempa bisa dirasakan di Tokyo sekitar 400 km selatan pusat gempa.

Jepang terletak di “Cincin Api” Pasifik, busur aktivitas seismik intens yang membentang melalui Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.

Sejauh ini belum ada laporan kerusakan dari Miyagi akibat gempa ini. Media lokal melaporkan bahwa petugas lokal sedang memeriksa status pembangkit nuklir di kawasan itu.

 



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button