Hadapi Bali United, PSM Kehilangan Anco Jansen dan Milo

Baaca.id, MAKASSAR — Seri kedua Liga 1 2021-2022 dipastikan bergulir Jumat (15/10/2021). Jadwal seri kedua telah disampaikan kepada seluruh klub peserta Liga 1. Namun, jadwal tetap menyesuaikan dengan perkembangan PPKM wilayah setempat.

Seri kedua berlokasi di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Ada empat stadion digunakan, yakni Stadion Maguwoharjo, Sleman; Stadion Sultan Agung, Bantul; Stadion Manahan, Solo; dan Stadion Moech Soebroto, Magelang.

Sesuai jadwal yang diterima, di pertandingan pertama seri kedua ini, PSM Makassar akan bertemu Bali United. Rencananya, partai ini akan digelar Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (17/10/2021) mendatang.

Di pertandingan ini, PSM tidak akan diperkuat pemain andalannya, Anco Jansen. Pemain berkepala plontos ini telah mendapat tiga kartu kuning, masing-masing saat menghadapi Persebaya Surabaya, Persik Kediri, dan Persib Bandung.

Tanpa diperkuat Anco Jansen, tentunya akan mengurangi kekuatan Pasukan Ramang. Diketahui, bersama Willem Jan Pluim, Anco Jansen adalah tulang punggung tim kebanggaan masyarakat Sulsel ini. Apalagi, PSM bakal menghadapi salah satu tim favorit juara, Bali United yang saat ini bertengger di posisi kedua klasemen sementara Liga 1.

Bukan hanya Anco Jansen, PSM juga terancam tak bisa didampingi pelatih kepala, Milomir Seslija. Pelatih asal Bossnia dan Herzegovina ini juga telah mendapat tiga kartu kuning, masing-masing saat menghadapi Persebaya, Barito Putera dan Persib.

Berdasarkan aturan, pada Pasal 56 Ayat 3 Regulasi Kompetisi Liga 1 2021-2022 menyatakan, pemain yang memperoleh akumulasi tiga kartu kuning dalam tiga pertandingan berbeda, tidak diperkenankan bermain di pertandingan berikutnya.

Saat jeda kompetisi ini, PSM kembali ke Makassar. Mereka berlatih di Bosowa Sport Centre (BSC) untuk melakukan persiapan melakoni seri kedua Liga 1.

Pengamat sepak bola, Assegaf Razak mengatakan, waktu jeda kompetisi ini harus dimanfaatkan untuk membenahi tim. Meenurutnya, tim pelatih harus bisa mempersiapkan tim lebih bagus lagi.

“Waktu jeda ini hal positif. Pelatih bisa membenahi kekurangan tim selama ini,” katanya.

Mantan pelatih PSM ini juga mengatakan, yang paling penting dibenahi adalah kerja sama tim. Alasannya, ada dua pemain asing yang baru bergabung, yaitu Serif Hasic dan Bektur Talgat Uulu.

Selain kerja sama, tak lupa juga fisik pemain harus dibenahi. Sebab, rata-rata pemain PSM mengalami kelelahan di babak kedua.

“Pelatih harus punya VO2 MX para pemain. Jika ada kurang, pemain tersebut harus digenjot fisiknya,” katanya. (#)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button