Hadiri HUT Ke-61 Parepare, Andi Sudirman Wacanakan Dorong Sistem Pendidikan dan Kesehatan dengan Kemandirian

Baaca.id, PAREPARE — Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyatakan apresiasinya terhadap potensi di Parepare serta dukungan yang diberikan DPRD setempat.

Pernyataan itu ia sampaikan saar menghadiri rapat paripurna Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Parepare, Sabtu (13/3/2021). Di momen tersebut, ia pun menuturkan, akan mendorong sistem pendidikan dan kesehatan dengan kemandirian.

“Mendorong Puskesmas, kembalikan marwahnya sebagai Pusat Kesehatan Masyarakat. Kita butuh kerja sama kabupaten/kota untuk menurunkan promotor kesehatan,” ujar Andi Sudirman.

Untuk refocusing anggaran, Andi Sudirman menekankan untuk fokus pada Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), kemiskinan, perkebunan, stunting, dan bangkitkan padat karya. Ia pun mengingatkan untuk tidak menyentuh anggaran pada sektor pertanian.

“Parepare modelnya seperti Singapura. Sudah tepat menjadi Kota Jasa. Pelayanan barang dan jasa. Kami membutuhkan Parepare, sesuai yang kami harapkan. Menjadi ujung tombak di Utara. Mari menjaga sinergitas kita bersama,” bebernya.

Terlebih lagi, lanjut dia, di kota kelahiran Presiden ketiga RI, BJ Habibie itu akan dibangun Institut Teknologi Habibie serta Rumah Sakit dengan fasilitas kesehatan yang memadai.

“Terus berinovasi. Pastikan uang negara, untuk masyarakat dan digunakan untuk kepentingan masyarakat. Kami selalu terbuka, menerima untuk membahas kepentingan masyarakat banyak. Mari memulai dengan pembahasan/wacana, untuk menatap Sulsel jauh lebih baik,” pungkasnya.

Di rapat paripurna yang dibuka oleh Ketua DPRD Parepare, Andi Nurhatina itu, Wali Kota Parepare, M Taufan Pawe berharap, di usia 61 tahun, Parepare akan semakin mendorong upaya untuk meningkatkan kemampuan dalam pembangunan di kota yang ia nakhodai itu.

Taufan juga menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sulsel atas dukungan dan bantuan dalam penanganan Covid-19. Dibantu dukungan masyarakat dalam mensosialisasikan protokol kesehatan.

Ia pun membeberkan kondisi dan upaya yang dilakukan dalam penanganan pandemi Covid-19. Per 11 Maret 2021, kasus positif sebanyak 1.411 dan sudah 1.330 orang yang sembuh.

Taufan menyampaikan, rencana untuk pembangunan Covid Centre RSUD Andi Makkasau, yang akan dibangun tahun 2021 ini menggunakan DID. Ia pula menyampaikan rencana pembangunan Institut Teknologi Habibie dan rencana masjid terapung dengan nama Masjid BJ Habibie. (wahyu)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button