Hadiri Pesta Pernikahan di Sidrap, Terduga Penipu Penggadaan Uang Diringkus Sat Reskrim Parepare

Baaca.id, PAREPARE – Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Polres Parepare Berhasil mengamankan seorang pelaku tindak pidana penipuan bernama Suriadi alias Abbas (41), Kamis (25/3/2021).

Upaya penangkapan itu berdasarkan Laporan Polisi (LP) nomor LP/440/XII/TUK..7.1.3/2020/Polda Sulsel/Res.

“Setelah kami menerima laporan teerkait kasus penipuan, anggota kami langsung bergerak dan berhasil mengamankan pelaku di rumah kerabatnya yang berada di kabupaten sidrap. Saat penangkapan, pelaku tengah menghadiri pernikahan kerabatnya,” ungkap Kepala Satuan (Kasat) Reskrim Polres Parepare, Iptu Asian Sihombing.

Asian mengatakan, modus pelaku yakni pelaku mengelabui korbannya dengan cara berpura-pura sebagai orang pintar yang dapat menggandakan uang. Tak sendirian, aksi tersebut dilakukan bersama tiga rekannya.

“Saat korban bersedia menemani pelaku, di sinilah pelaku bersama tiga orang temannya mengelabui korban dengan modus salah satu pelaku mengaku sebagai orang pintar,” katanya.

“Saat salah seorang pelaku mengaku sebagai orang pintar itulah, pelaku menjanjikan kepada korban akan meningkatkan rezeki korban,” imbuhnya.

Lanjut, Asian menjelaskan, pelaku meminjam perhiasan emas korban dan digabungkan dengan mustikan milik salah seorang pelaku untuk didoakan dan dimasukkan ke dalam sebuah tas milik korban.

“Tas itulah yang ditukarkan dengan tas yang sama, yang mana tas yang diberikan kepada korban berisi gulungan kertas, bukan perhiasan milik korban,” terangnya.

Kini, pelaku tengah mendekam di dalam rumah tahanan Mapolres Parepare untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Sementara, ketiga rekannya masih dalam pencarian.

Para pelaku dalam perkara tersebut dikenakan pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara. (wahyu)



Related Articles

Back to top button