Harga Kelapa Bonsai

Baaca.id — Pandemi Covid-19 bukan menjadi penghalang bagi orang-orang yang mempunyai niat dan berani mengambil peluang usaha.

Baru-baru ini sedang ramai diperbincangkan mengenai usaha kelapa bonsai yang disedang banyak ditekuni oleh masyarakat Aceh, khususnya di Kabupaten Aceh Utara.

Masyarakat di sana hanya memanfaatkan tunas kelapa yang masih lengkap dengan tempurungnya dan menyulapnya menjadi tanaman bonsai yang unik, menarik, dan mempunyai harga jual yang tinggi,.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Bunga Kelapa Bonsai

Tanaman bonsai ini ukurannya lebih kecil dibanding dengan tanaman bonsai pada umumnya. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah, justru malah banyak orang yang menyukai tanaman dengan ukuran seperti kelapa bonsai ini.

Bahkan di masa pandemi sendiri, penjualannya meningkat sebanyak 20%. Untuk harga yang ditawarkan untuk satu tanaman kelapa bonsai ini bervariasi, mulai dari Rp150.000 hingga mencapai jutaan rupiah.

Harga tersebut bergantung dari jenis kelapa yang dijadikan tanaman bonsai dan bergantung dari keunikan, masa lama bertahan, keestetikan, dan keindahan tanaman kelapa bonsai itu sendiri.

Banyak toko online yang menjual kelapa bonsai ini dengan harga yang juga bervariasi. Misalnya pada salah satu toko online tokopedia, harganya berkisar dari 35.000 ribu rupiah, hingga 3 juta rupiah.

Hal ini tetap bergantung dari jenis kelapa yang digunakan dan nilai estetik dari kelapa bonsai itu sendiri. dilansir dari AyoBudidaya.com, bahkan harga tanaman kelapa bonsai ini ada yang mencapai 1 miliar rupiah.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua jenis kelapa bisa disulap menjadi kelapa bonsai. Tidak semua jenis kelapa yang bisa dijadikan kelapa bonsai. hanya kelapa Albino, kelapa gading susu, kelapa gading merah, dan kelapa hijau

Untuk kelapa Albino, sesuai namanya, kelapa ini mempunyai warna yang cenderung putih, namun tidak pucat polos.

Sedangkan untuk kelapa gading susu memiliki warna putih, namun tak seputih kelapa albino. Jenis kelapa ini sering tumbuh di wilayah subtropis. Selain menjadi kelapa bonsai, jenis kelapa ini juga sering dijadikan pengganti pohon palm di rumah.

Untuk kelapa gading merah sendiri memiliki warna kuning kemerah-merahan. Jenis tanaman kelapa ini merupakan jenis tanaman kelapa yang sulit perawatannya. Anda yang memelihara bonsai ini harus mempertahankan warna kemerah-merahannya.

Selain itu, kelapa ini juga memerlukan banyak pupuk dalam perawatannya.

Harga Kelapa Bonsai

Pastinya informasi mengenai harga kelapa bonsai akan sangat berguna dan bermanfaat bagi Anda yang ingin membeli apapun. Untuk itulah pada artikel ini akan dirangkum mengenai harga kelapa bonsai yang mungkin saja cocok di kantong anda.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Bonsai Kelapa Albino dengan Mudah

Berikut kami telah merangkum harga kelapa bonsai mulai dari bibit hingga bonsai yang sudah bagus dan estetik.

  1. Untuk bibit bakal jadi kelapa bonsai gading harganya cuckup terjangkau. Kisaran harga 50 ribu rupiah sampai 100 ribu rupiah per polybag.
  2. Bibit bakalan jadi kelapa bonsai hijau lebih murah disbanding kelapa gading. Harganya berkisar 30 ribu rupiah sampai 70 ribu rupiah per polybag.
  3. Satu tanaman bonsai jadi dengan jenis kelapa bonsai gading harganya mulai dari 2,5 juta rupiah hingga 10 juta rupiah.
  4. Sedangkan untuk satu tanaman bonsai jadi dengan jenis kelapa bonsai hijau harganya mulai dari 1,5 juta rupiah hingga 5 juta rupiah.
  5. Berbeda halnya dengan kelapa bonsai gading yang berbuah. Harganya mulai dari 10 juta rupiah hingga 25 juta rupiah. Hal ini dikarenakan lebih estetik.
  6. Untuk kelapa bonsai hijau berbuah, haraganya berkisar 5 juta rupiah hingga 15 juta rupiah.
  7. Yang paling mahal adalah kelapa bonsai juara. Harga kelapa bonsai ini paling mahal, yaitu berkisar 20 juta rupiah hingga 1 miliar rupiah.

Ketika anda telah memutuskan untuk membeli kelapa bonsai tentu harus memperhatikan dengan jeli harga yang tercantum dan harga yang dipatok. Ini akan menghindari rasa kekecewaan anda ketika memilih harga yang tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Disarankan juga bagi anda harus melihat pemasaran kelapa bonsai dan varian kelapa bonsai yang ingin dibeli. Karena hal ini akan mempengaruhi kualitas penjualan ataupun hal-hal lain yang berkaitan dengan kelapa bonsai dimasa yang akan datang.

Dengan hanya memanfaat bibit atau tunas kelapa, Anda sudah bisa menghasilkan penghasilan yang cukup tinggi dan menguntungkan, bukan?

 

 



Related Articles

Back to top button