Harga Porang di Makassar dan Potensi Bisnisnya

Baaca.id — Tanaman porang memiliki kandungan karbohidrat hingga protein yang tinggi. Tidak hanya kaya karbohidrat, tetapi juga kaya akan glukoman dan gula reduksi.

Porang yang telah dipanen bisa diolah menjadi chip porang atau irisan porang kering. Baru kemudian diolah menjadi tepung porang dengan menggunakan mesin penepung hingga menghasilkan konjac.

Kandungan glukoman atau biasa disebut konjac berbentuk tepung memiliki manfaat dan protein yang tinggi serta bermanfaat untuk kesehatan, kuliner dan industri.

Baca Juga: Harga Bunga Hias Hidup Mahal, Masih Banyak Diburu

Kemudian, tidak hanya berguna untuk kuliner dan kesehatan, tetapi juga mempunyai nilai ekonomi tinggi untuk industri. Alasannya porang bisa memiliki nilai potensi ekspor.

Banyak dijumpai petani yang sukses menjadi miliader setelah bisnis ekspor  porang. Nilai ekspor porang ke Jepang, Australia mencapai 254 ton dengan nilai Rp 11,31 milyar

Potensi Tanaman Porang di Sulawesi Selatan

Porang memiliki potensi ekonomi yang tinggi dan cukup populer Indonesia. Namun, hanya sebagian masyarakat belum familiar dengan jenis tanaman tersebut.

Tanaman porang sudah mulai dibudidayakan dan mulai berkembang pesat di Sulawesi Selatan. Kabupaten Bone, Soppeng, Wajo, Pinrang sampai Luwu adalah beberapa daerah yang produktif budidaya tanaman porang.

Di Sulawesi Selatan, tanaman porang mulai berkembang pesat jika dilihat dari aktivitas pabrik pengolahan PT Tridanawana Perkasa Indonesia yang mengolah porang di Baddoka.

Selain itu bcara budidayanya dan pemeliharaan yang mudah, kemudian harga porang di Makassar yang yang cukup kompetitif yaitu Rp 9000 per kilogram

Petani bisa meraup keuntungan yang banyak dalam satu hektar Rp 40.000 dari harga porang di Makassar tersebut. Bahkan satu tanaman menghasilkan 2 kilogram porang.

Dari sinilah kemudian petani dapat memperoleh keuntungan Rp 720 juta dalam waktu 8 bulan. Laba yang didapat petani dari budidaya porang berpotensi menjadi komoditi primadona di masa depan.

Potensi harga porang di Makassar yang cukup menjanjikan buat Anda yang ingin membuka bisnis porang. Terdapat 5 pabrik pengolahan porang yang bisa Anda jumpai saat berkunjung Makassar.

Potensi porang semakin berkembang, karena hasil produksi tanaman porang di ekspor ke Jepang dan Tiongkok. Tentu hal ini menambah nilai ekonomi bagi petani porang di tanah air.

Harga Porang di Makassar

Harga porang di Makassar dalam kurun waktu 5 bulan terakhir dianggap masih stabil di kisaran sekitar Rp 10.000-13.000 per kilogram. Meski demikian harga tersebut masih bisa naik turun belum ada paten.

Naik turunnya harga porang di Makassar terjadi karena masih adanya lobi atau tawar-menawar antara petani dan pengepul.

Olahan porang memberi pengaruh besar pada harga porang di Makassar. Biasanya harga terendah telah disepakati sejak tanaman mulai dikenal petani.

Irisan porang yang telah kering harganya lebih mahal berkisar antara Rp 55 ribu-65 ribu per kilogram. Lain lagi bentuk porang yang menyerupai chips atau tepung. Harganya mencapai ratusan ribu per kilogram.

Kenaikan Harga Porang di Makassar Setiap Tahun

Setiap tahun harga porang di Makassar terus meningkat. Tahun 2019 misalnya, 1 kilogram porang dihargai Rp 4000, dan di tahun ini harganya melonjak 2 kali lipat. Porang kering juga mengalami kenaikan di tahun 2020, di banding tahun 2019 yang harganya Rp 35.000 per kilogram.

Baca Juga: Harga Kelapa Bonsai

Bibit porang di Makassar sudah mudah dijumpai di beberapa marketplace. Harga bibit porang masih berkisar antara Rp 25.000-35.000 per kilogram. Dengan isi bibit 1 kilogram sebanyak 20-50 bibit berbentuk umbi.

Lain jenis bibit katak biasanya dijual sekitar Rp 250.000 per kilogram dengan isi 150-200 bibit. Bibit siap tanam harganya Rp 600.000 dengan isi 500 biji, atau dengan kata lain per biji dijual Rp 1.200

Sebelum membeli bibit porang ada baiknya melakukan riset lapangan untuk mengetahui harga bibit porang.

Dengan cara bertanya langsung kepada beberapa  penjual untuk melihat lebih jauh harga yang ditawarkan sebelum memutuskan membeli.

Lewat cara tersebut akan mendapatkan harga yang bersaing dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Itulah ulasan singkat tentang harga porang di Makassar yang bisa menambah pengetahuan. Kemudian Anda jadikan referensi saat bisnis porang di kemudian hari.

 

Related Articles

Back to top button