Harga Pulsa dan Kuota Berpotensi Naik Usai Tarif PPN Naik Jadi 11 Persen

BAACA.ID – Seusai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menaikkan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 11 persen, dari semula 10 persen, harga pulsa dan kuota diprediksi akan ikut naik nantinya. Ini disebabkan operator seluler di Indonesia harus melakukan penyesuaian harga terhadap tarif PPN yang baru.

Penyesuaian tarif PPN ini akan merubah harga yang ada, karena PPN selama ini dibebankan kepada pelanggan lewat penjualan produk yang dibanderol lewat harga ditambah PPN. Namun sejumlah operator belum secara resmi mengumumkan akan menaikkan harga pulsa maupun kuota. Dikarenakan masih merancang rencana sosialisasi dan edukasi mengenai tarif PPN ini melalui beragam saluran.

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) misalnya, menurut SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Steve Saerang, mereka berencana mensosialisasikan penyesuaian PPN kepada pelanggan melalui SMS notifikasi, informasi pada lembar tagihan untuk pelanggan pascabayar, dan jalur komunikasi lainnya.Namun dalam hal kenaikan harga pulsa maupun kuota, saat ini pihaknya masih mengkaji secara internal apakah harga kuota dan pulsa akan meningkat setelah tarif PPN-nya disesuaikan.

“Terkait dengan rencana kenaikan tarif PPN yang akan berlaku per 1 April 2022, sebagai Wajib Pajak, pada prinsipnya kami akan mematuhi setiap peraturan perpajakan yang berlaku, dengan tetap berkomitmen untuk terus menjaga kualitas layanan dan produk terbaik bagi pelanggan,” jelasnya.

Sedangkan XL Axiata lewat Group Head Corporate Communicationsnya Tri Wahyuningsih mengatakan bahwa penyesuaian berlaku untuk tarif PPN saja, bukan harganya. Pihaknya juga telah menginformasikan kepada seluruh pelanggan dan mitra bisnis bahwa terhitung efektif mulai 1 April 2022, seluruh aktifitas transaksi bisnis yang dilakukan XL akan memberlakukan nilai PPN sebesar 11 persen sesuai dengan ketentuan dan aturan baru.

“Jadi yang disesuaikan adalah PPN-nya saja, bukan harga layanan,” ujarnya dilansir Kompas.com.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button