Lebih Mewah, Ternyata Harga Sunroof Mobil Cukup Mahal

Baaca.id — Semakin ketat persaingan antara produsen mobil membuat mereka berusaha sebaik mungkin untuk menghadirkan produk yang berkualitas. Salah satunya dengan adanya teknologi sunroof. Sunroof merupakan panel atap mobil yang dapat dibuka tutup.

Sunroof biasanya digunakan pada mobil-mobil premium atau kelas menengah atas. Kebanyakan teknologi ini digunakan oleh mobil di luar Indonesia yang memiliki empat musim seperti Eropa.

Dengan menggunakan sunroof tampilan mobil akan terlihat semakin keren dan mewah. Fitur ini juga dapat membuat atap mobil dapat dibuka dan ditutup sehingga udara dari luar dapat diarahkan masuk ke dalam mobil.

Sebelum lebih dalam lagi, bahwa lubang pada atap mobil bukan hanya sunroof saja tapi ada juga moonroof. Ketika Anda memodifikasi mobil, tentu memasang barang tersebut menjadi suatu keharusan terutama untuk meningkatkan estetika mobil.

Harga Sunroof Mobil

Harga sunroof mobil berbeda-beda, untuk pemasangan pada mobil Jepang dan Eropa memiliki karakteristik tersendiri. Jika mobil Jepang Anda bisa mendapatakan sunroof dengan harga Rp 10 juta sampai Rp 15 jutaan.

Sedangkan untuk harga sunroof mobil Eropa berkisar Rp 20 jutaan. Pasalnya untuk karakteristik mobil Eropa yang digunakan bukan sunroof tetapi moonroof.

Keduanya memang tidak memiliki perbedaan yang signifikan tetapi harga sunroof mobil berbeda dengan yang lainnya.

Misalnya saja harga sunroof mobil Avanza dan sekelasnya ditambah biaya pemasangan sekitar Rp 15 juta. Sedangkan untuk pemasangan panoramic sunroof  mencapai Rp 35 jutaan, untuk proses pemasangannya sendiri membutuhkan waktu 2 minggu.

Namun sayangnya ada beberapa hal yang harus dikorbankan saat Anda menggunakan sunroof pada mobil, Anda harus merelakan kehilangan double blower yang terdapat pada langit-langit mobil.

Sudah banyak bengkel yang bisa membantu menambahkan sunroof pada mobil dengan harga yang terjangkau. Harga sunroof mobil memang bisa berubah-ubah tergantung kualitas serta bengkel tersebut.

Harga sunroof mobil yang terjangkau pastikan untuk selalu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan menggunakan sunroof ya, terlebih pada mobil keluarga.

Baca Juga:

Kelebihan Sunroof

Tak sedikit pencinta otomotif yang memperhitungkan fitur sunroof dalam memilih mobil impian mereka. Sejak pertama kali sunroof diperkenalkan pada mobil modern oleh Ford Thunderbird pada tahun 1960-an.

Kehadiran sunroof memberikan kesan elegan tersendiri bagi sebuah mobil. Fitur sunroof yang sebagian besar dimiliki model premium membuat tampilan mobil terkesan lebih mewah dan istimewa.

Namun yang menjadi keuntungan terbesar saat memiliki mobil dengan fitur sunroof adalah Anda bisa menikmati udara bebas masuk ke dalam kabin tanpa harus terganggu dengan suara bisik saat membuka jendela samping.

Kekurangan Sunroof

Untuk Anda yang berada di iklim tropis dengan dua musim saja, penggunaan sunroof memang tak terlalu memiliki dampak yang besar. Saat musim hujan, sunroof seakan tidak berguna. Ketika cuaca panas, ada baiknya jika menghidupkan AC di bandingkan buka sunroof.

Selain itu, pemasangan sunroof juga akan berdampak besar pada berat mobil. Seperangkat sunroof memiliki bobot sampai 35 kilogram yang bahkan cukup berat bagi kendaraan sekelas SUV.

Kelemahan lainnya terletak pada perawatan. Sama seperti jendela dan pintu, sunroof memiliki bagian berbahan karet yang harus diperhatikan lebih. Sebab perawatannya harus diperhatian dengan benar.

Dan yang paling penting, bahwa sunroof merupakan salah satu perangkat mahal yang bisa Anda pasang pada mobil Anda. Meskipun nanti harga jual mobil bisa lebih besar dibandingkan tanpa sunroof yang harga sunroof mobil cukup mahal.

Dengan meningkatnya tampilan mobil saat menggunakan sunroof membuat mobil menjadi lebih elegan. Tak dapat dipungkiri bahwa sunroof dapat membuat mobil lebih istimewa dan tentunya berkesan mewah.

Fungsi Sunroof untuk Mobil

Anda akan mendapatkan banyak manfaat dan fungsi saat memasang sunroof. Berikut ini beberapa fungsi sunroof yang harus Anda ketahui.

  • Mengurangi bau apek pada kabin mobil karena ada sirkulasi udara yang baik.
  • Menurunkan suhu kabin dengan cepat setelah mobil diparkir di bawah terik matahari.
  • Dapat membantu mengeluarkan zat yang berbahaya bagi tubuh setelah seharian penuh dalam kondisi tertutup tanpa sirkulasi.
  • Lebih mudah menikmati pemandangan di luar kendaraan baik saat siang hari maupun malam hari.
  • Mobil lebih terlihat elegan dan mewah.

Dengan beragam macam kelebihan yang dimiliki, wajar saja jika mobil dengan fitur sunroof cenderung cukup mahal. Demikian ulasan dari kami semoga bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button