Hasanuddin Leo menggelar sosialisasi Peraturan Daerah

Baaca.id, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Hasanuddin Leo menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 4 tahun 2011 tentang pengelolaan sampah. Kegiatan ini dihelat di Hotel Traveler Phinisi Jalan Lamadukelleng Buntu, Rabu (23/6/2021).

Dia menjelaskan, persoalan sampah tidak hanya pemerintah tetapi merupakan tanggung jawab bersama. Bahkan, dalam konteks agama bahwa kebersihan itu sebagian dari iman.

“Kalau hanya pemerintah diharap untuk mengambil peran soal sampah. Saya yakin dan percaya kota ini tidak akan bersih makanya dituntut semua kalangan mengambil peran terkait penanganan sampah,” papar Hasanuddin Leo.

Aparat pemerintah hingga tingkat RT/RW diminta untuk membantu mensosialisasikan Perda tentang Pengelolaan Sampah. Minimal, kata legislator fraksi PAN ini, memberikan contoh aksi ke masyarakat terkait menjaga kebersihan.

“Saya kira para ketua RT/RW memberikan contoh agar tidak membuang sampah sembarang tempat. Tetapi, pemerintah harus menyiapkan tempat dan itu kewajiban,” jelasnya.

Sementara, Narasumber Kegiatan, Iman Hud mengatakan, persoalan sampah sudah masuk ranah internasional. Buktinya, setiap pertemuan negara-negara salah satu pembahasan mengenai sampah.

“Sampah yang setiap hari diangkut 900 ton. Itu, indikasi kita sudah krisis sampah. Belum lagi tempat penampungan sampah sudah over sehingga perlu pengelolaan sampah dengan bijak,” tandas Iman Hud.

Iman menjelaskan, pemerintah kota saat ini tengah melakukan mitigasi sampah dengan baik. Sebab, masalah sampah tak pernah berujung.

“Sampah itu tanggung jawab kita bersama,” ujar Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar ini. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button