Hentikan Akses di Sejumlah Smartphone, WhatsApp Ingin Kembangkan Beragam Fitur

Baaca.id, JAKARTA – Pihak WhatsApp meminta para pengguna smartphone Android dan iOS yang masih menggunakan OS lawas segera meng-update OS. Smartphone yang dimaksud seperti Android 4.0.4 (Ice Cream Sandwich) dan iOS 9.

Rupanya, hal itu berkenaan dengan rencana WhatsApp yang akan menghentikan akses aplikasi buat obrolan tersebut di sejumlah smartphone Android dan iOS. Telah diumumkan, penghentian itu dimulai 1 November 2021.

Lewat situs resmi, WhatsApp mengatakan hanya akan kompatibel pada perangkat seluler minimal menjalankan Android 4.0.4 atau pada iPhone dengan iOS 9. Praktis, ponsel pintar di bawah generasi itu tidak dapat mendapatkan pembaruan keamanan lagi.

Bila HP Android dan iOS tidak bisa update ke OS versi terkini, maka dapat dipastikan pengguna tidak akan bisa memakai layanan WhatsApp.

“WhatsApp tidak akan lagi mendukung ponsel Android yang menjalankan OS 4.0.4 dan yang lebih lama pada 1 November 2021. Silakan beralih ke perangkat yang didukung atau simpan riwayat obrolan Anda sebelum tanggal tersebut,” tulis WhatsApp pada halaman FAQ Android.

Rencana penghentian itu yang dilakukan WhatsApp agar bisa lebih fokus pada upaya pengembangan beberapa fitur di perangkat yang lebih baru.

Secara umum, ini adalah ponsel Android yang menjalankan Android 4.0.3 atau lebih rendah, dan iPhone yang menjalankan iOS 9 atau lebih lama.

Jika masih menggunakan ponsel Android atau iPhone lama, kamu baiknya mengupdate ke sistem operasi yang lebih baru. Atau dapat pula membeli perangkat Android dan iPhone seri teranyar.

Untuk tetap dapat memakai WhatsApp, pengguna harus menggunakan smartphone Android OS 4.1 (Jelly Bean) atau di atasnya. Sementara untuk iPhone harus perbarui ke iOS 10 atau lebih baru.

Perlu diingat, meski tidak lagi didukung WhatsApp bukan berarti aplikasi chat ini akan langsung berhenti berfungsi di ponsel.

Pengguna masih bisa berkirim pesan, tapi tidak mendapatkan update keamanan yang sangat penting. Belum lagi fitur baru yang memberikan pengalaman lebih baik lagi saat berkirim pesan. (*)

***

Berikut ini adalah daftar Smartphone yang tidak bisa mengakses WhatsApp pada 1 November 2021.

HP Android
Adapun berikut adalah merek dan jenis smartphone Android dan iOS yang tidak akan bisa mengakses WhatsApp per 1 November 2021.

Samsung: Galaxy Trend Lite, Galaxy Trend II, Galaxy SII, Galaxy S3 Mini, Galaxy Xcover 2, Galaxy Core, dan Galaxy Ace 2

LG: Lucid 2, Optimus F7, Optimus F5, Optimus L3 II Dual, Optimus L5, Optimus L5 II, Optimus F5, Optimus L5 Dual, Optimus L3 II, Optimus L7, Optimus L7 II Dual, Optimus L7 II, Optimus F6 Enact, Optimus L4 II Dual, Optimus F3, Optimus F4 II, Optimus L2 II, Optimus Nitro HD, 4X HD, Optimus F3Q

ZTE: Grand S Flex, ZTE V956, Grand X Quad V987, Grand Memo

Huawei: Ascend G740, Ascend Mate, Ascend D Quad XL, Ascend D1 Quad XL, Ascend P1 S, dan Ascend D2

Sony: Xperia Miro, Sony Xperia Neo L, dan Xperia Arc S

Alcatel: One Touch Evo 7.

Smartphone lainnya, termasuk Archos 53 Platinum, HTC Desire 500, Caterpillar Cat B15, Wiko Cink Five, Wiko Darknight, Lenovo A820, UMi X2, Faea F1, THL W8
iOS

Apple iPhone SE, iPhone 6S, iPhone 6S Plus.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button