Hujan Disertai Angin Kencang Diperkirakan hingga Besok, Warga Maros Diimbau Tetap Waspada

Baaca.id, MAROS – Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang masih berpotensi terjadi hingga besok, Sabtu (3/4/2021). Warga Kabupaten Maros diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati bila bepergian.

Mencermati perkembangan kondisi dinamika atmosfer terkini yang menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Sulsel, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah Sulsel, termasuk Kabupaten Maros.

Selain Kabupaten Maros, wilayah yang terkena dampak ini berada Pesisir Barat meliputi Kabupaten Pinrang, Parepare, Barru, Soppeng, Pangkep, Makassar, Takalar dan Gowa, serta Pesisir Selatan meliputi Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Selayar.

Kondisi ini diperkirakan terjadi karena adanya Labilitas Kuat yang mendukung proses konveksi pada wilayah tersebut. Selain itu, kondisi Madden Jullan Osellation (MJO) aktif di kuadran 4 (Maritime Continent), Equator Rossby Wave (gelombang berpropagasi ke arah barat) yang aktif serta adanya daerah konvergensi sepanjang Selat Makassar menyebabkan potensi peningkatan curah hujan di wilayah tersebut.

Melihat hal ini, Kepala Balai Besar BMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan mengimbau kepada masyarakat dan pengguna layanan transportasi darat, laut, dan udara agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana hidrometeorologi yang dapat ditimbulkan dari curah hujan tinggi disertai angin kencang ini.

“Ini berpotensi terjadi selama tiga hari yaitu tanggal 1 hingga 3 April 2021,” tulis Darmawan dalam rilisnya.

Dampak yang dapat ditimbulkan, lanjut Darmawan, antara lain potensi banjir, genangan, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, meluapnya area tambak budidaya, dan keterlambatan jadwal penerbangan/pelayaran. (*)



Related Articles

Back to top button