Hukum Puasa Tanpa Sahur? Apakah Sah atau Tidak Puasanya?

Baaca.id — Bulan suci Ramadan telah datang, saatnya umat Muslim untuk melaksanakan puasa selama sebulan penuh.

Sebelum melakukan ibadah puasa disunnahkan sahur dengan menyantap makanan dengan tujuan energi tubuh makin kuat menjalani ibadah puasa Ramadan hingga waktu maghrib tiba.

Hukum puasa tanpa sahur penting diketahui, karena ada sebagian umat Muslim yang menjalani puasa tidak melakukan sahur di waktu dini hari sampai waktu imsakiyah tiba.

Sahur merupakan salah satu syarat menuaikan ibadah puasa Ramadan. Tidak mudah memang menjalani sahur waktu dini hari oleh sebagian orang.

Keberkahan Makan Sahur

Makan sahur dini hari jelang subuh sesungguhnya mempunyai banyak keberkahan. Hal ini  bagaimana riwayat Anas bin Malik mengatakan bahwa makan sahur terdapat keberkahan.

Maka sahur juga dapat mendatangkan kebaikan maupun pahala, bahkan memberikan manfaat dunia akhirat.

Sebagaimana dalam riwayat Abu Sa’id Al Khudri yang menyebutkan bahwa orang yang makan sahur mendapatkan shalawat dari Allah SWT dan doa dari para malaikat-Nya.

Hukum Puasa Tanpa Sahur

Kegiatan sahur dilakukan Muslim mengharuskan kita bangun sebelum waktu imsak datang. Tetapi pada kenyataannya ada yang sulit untuk melakukan bangun di waktu sebelum subuh hari.

Lantas, sebagian besar Muslim yang tidak sahur dan melewati makan sahur hukumnya bagaimana? Apa hukum puasa tidak sahur? Apakah sah atau tidak melaksanakan puasa Ramadan?

Biasanya aktivitas yang padat yang dilakukan sehari penuh membuat tubuh kelelahan hingga bangun kesiangan.

Dari kegiatan yang biasa beraktivitas seharian ini pula yang membuat sebagian orang malas untuk bangun dan sahur dini hari yang akhirnya sahur terlewatkan.

Ada sebagian Muslim yang tidak sahur tetap terus memilih berpuasa. Namun, ada yang sedang bingung dan resah apakah puasanya tersebut sah tanpa sahur?

Tetap Sah

Sahur merupakan salah satu syarat sah berpuasa, tetapi pada berkembangnya tidak ada dalil yang menyebutkan sahur syarat sahnya puasa.

Meski, seorang muslim melewatkan tidak makan sahur, puasanya tetap sah di hadapan Allah SWT. Karena  tidak ada dasar hukumnya puasa Ramadan harus sahur jelang waktu imsakiyah.

Baca Juga:

Sebagaimana dalam riwayat hadits Muslim, Turmudzi dan Nasai yang mengatakan bahwa suatu hari Nabi Muhammad SAW pernah menanyakan kepada Aisyah r.a, “Apakah punya  makanan?”.

Kemudian, Aisyah RA menjawab tidak mempunyai makanan. Setelah mengetahui tidak memiliki makanan Rasullullah SAW akhirnya menjawab, “Kalau begitu, aku akan puasa”.

Dari hadist tersebut membuktikan bahwa Rasulullah SAW pernah berpuasa tanpa sahur. Alasannya, saat itu tidak ada makanan yang bisa untuk disantap ketika sahur.

Ketika menyantap sahur tidak harus berupa makanan yang berat. Rasulullah SAW selalu menganjurkan tetap sahur meski hanya seteguk air. Sebagaimana riwayat Abdullah bin Umar, yang mengatakan bahwa, “Hendaklah bersahur meskipun hanya seteguk air”.

Hukum Puasa Tanpa Sahur Menurut Ulama

Niat puasa Ramadan menurut madzhab Asy-Syafi’i merupakan rukun puasa dan sahur tidak masuk rukun dan syarat sah puasa.

Sebelum berpuasa wajib mengucapkan niat dalam hati dan diucapkan secara lisan karena Allah SWT. Sahur mendekati imsakiyah atau subuh, sedangkan ia belum sahur, maka makan dengan sahurnya sudah dianggap niat berpuasa.

Ulama Saiyid Mahadhir sebagaimana dilansir detik.com menyebutkan tidak sahur akibat ketiduran hingga bangun kesiangan tidak masalah asalkan sudah membaca niat puasa sebelumnya.

Sebagaimana riwayat hadits Hafshah yang menyebutkan bahwa, “barang siapa tidak niat puasa sebelum fajar, maka tidak ada puasa untuknya.”

Darl sinilah kemudian dapat mengambil kesimpulan bahwa sahur bukan suatu kewajiban bagi Muslim untuk  melaksanakannya.

Oleh karena itu, bila ada yang tidur sampai kesiangan dan melewatkan makan sahur itu tetap sah puasanya dan dapat berpuasa.

Walaupun sahur tidak termasuk syarat dan rukun puasa, tetapi tetap dianjurkan untuk melakukan kegiatan sahur. Tubuh manusia membutuhkan makanan yang bergizi seimbang.

Tidak bisa sahur atau terlambat sahur bukan penghalang untuk melakukan puasa. Namun,  sahur memiliki keberkahan dan membuat daya tahan tubuh menjadi kuat selama menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Itulah ulasan singkat mengenai hukum puasa tanpa sahur, semoga menambah pengetahuan di bulan suci Ramadan ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button