Pesona Hutan Pinus Malino yang Ngehits

Baaca.id — Ketika mengunjungi kota Makassar ada banyak tempat wisata yang menarik. Namun tidak ada salahnya Anda singgah sebentar ke hutan pinus Malino sekedar istirahat dan berlibur bersama keluarga.

Berada di kawasan pegunungan Malino, tepatnya di Desa Malino, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Berjarak 90 kilometer atau 3 jam dari kota Makassar, kemudian terletak, 980-1.050 meter dari permukaan laut. Salah satu rekomendasi bagi Anda dan keluarga sebagai tempat untuk berlibur.

Baca Juga: Fasilitas Menarik di Arthama Hotel Makassar

Sekilas Sejarah Hutan Pinus Malino

Sebelum terkenal seperti sekarang, dahulu kawasan ini disebut Kampung Lapparak di Gunung Bawakaraeng.

Pada masa itu dalam sejarah Malino, masyarakat setempat mengenalnya dengan nama kampung Lapparak di mana dalam bahasa Makassar memiliki arti datar yang terletak di puncak Gunung Bawakaraeng.

Pada perkembangan selanjutnya daerah ini di masa penjajahan Belanda dan Jepang menjadi lahan pertanian. Sejak itulah daerah tersebut dimanfaatkan sebagai penghasil sayuran bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tentara Jepang.

Aktivitas dan Kegiatan Seru di Hutan Pinus Malino

Ketika berkunjung Hutan Pinus Malino deretan rimbunan pepohonan pinus menyambut Anda. Suguhan spot pohon pinus membuat suasana menjadi sejuk dan asri.

Keindahan kawasan hutan pinus seringkali dimanfaatkan untuk istirahat, camping, hingga kegiatan kampus lainnya.

Keliling Naik Kuda

Melihat keindahan alam sekitar hutan pinus dengan naik kuda. Masyarakat yang tinggal di sekeliling hutan ada beberapa mempunyai kuda, kemudian disewakan kepada wisatawan. Anda bisa menyewa kuda milik warga setempat dengan membayar Rp 5000-10000.

Wahana Bermain

Sekitar kawasan hutan pinus Anda menjumpai beberapa spot permainan dari out bound dan flying fox yang menyenangkan.

Spot Wisata yang indah

Rimbunan pepohonan pinus bisa Anda jadikan sebagai spot wisata yang menarik.

Ada banyak kegiatan yang Anda lakukan disini. Dari tempat itu Anda dapat istirahat sambil melihat keindahan alam sekitar.

Anda bisa menggelar tikar di bawah pohon pinus menikmati kesejukan udara sembari bercengkrama dengan keluarga.

Anda juga bisa melakukan kegiatan traveling berfoto dengan latar belakang spot wisata, seperti gapura atau aneka ornamen yang indah yang ada di sekitar hutan pinus.

Atau berjalan-jalan keliling hutan melihat dari dekat keindahan rimbunan pepohonan pinus yang menjulang tinggi.

Kegiatan Camping dan Menikmati Senja hari

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan ketika mengunjungi hutan pinus Malino, yaitu camping. Aktivitas camping menjadi cara Anda lebih dekat dengan alam. Camping saat senja hari menjadi cara indah melihat matahari akan  terbenam.

Berburu Kuliner Khas Malino

Setelah puas melihat keindahan hutan pinus Malino saatnya Anda berburu kuliner khas Malino. Beberapa suguhan kuliner menawarkan kepada Anda untuk mencicipinya antara lain jagung bakar, tenteng, dodol dan kuliner lainnya yang menggoda selera.

Ada banyak kuliner khas yang bisa Anda coba di sekitar hutan pinus Malino, seperti teh hijau, dodol ketan, keju ketan. Deretan khas oleh-oleh Malino dapat dibeli sekitar lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk dan Rute Menuju Lokasi Hutan Pinus Malino

Harga Tiket Masuk

Anda ingin berwisata ke hutan pinus Malino harga tiketnya murah. Hanya membayar Rp 10.000 dan ongkos parkir motor Rp 2000 dan mobil Rp 5000, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam hutan pinus Malino.

Baca Juga: 6 Daerah Penghasil Kerajinan Batik yang Penting Diketahui

Rute Menuju Lokasi Wisata Hutan Pinus Malino

Ketika Anda akan berkunjung ke hutan pinus Malino perlu memperhatikan beberapa hal, salah satunya rute menuju lokasi.

Ada sejumlah alternatif rute menuju lokasi wisata yaitu melewati Jalan Sultan Hasanuddin. Dari sinilah Anda jalan ke arah Desa Sailong, lalu jalan ke Pattallassang.

Selanjutnya jalan terus ke arah jalan puncak Tarang. Perjalanan dilanjutkan menuju dusun Bilayya, kemudian Jalan ke arah jalan Malino.

Dari daerah ini lokasi wisata tidak jauh tinggal mengikuti arah petunjuk jalan ke hutan pinus Malino.

Itulah ulasan singkat tentang hutan pinus Malino yang terletak di kawasan pegunungan Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan yang bisa menambah pengetahuan.

 

 

Related Articles

Back to top button