Indonesia “Babak Belur” Dihajar Vietnam

Kualifikasi Piala Dunia 2022

Baaca.id, DUBAI — Timnas Indonesia babak belur dihajar Vietnam pada laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, pada Senin (7/6/2021) malam WIB. Tim Garuda takluk dengan skor telak 4-0.

Empat gol kemenangan Vietnam dicetak oleh Nguyen Tien Linh (51′), Nguyen Quang Hai (62′), Nguyen Phuong Cong (67′), dan Van Thanh Vu (72′).

Hasil laga ini membuat timnas Indonesia gagal membalas kekalahan 1-3 dari Vietnam pada pertemuan pertama dua tahun lalu. Kemenangan ini membuat Vietnam sukses mempertahankan rekor tak terkalahkan sepanjang babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

The Golden Stars–julukan Vietnam–kini memimpin klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dengan koleksi 14 poin, hasil dari empat kemenangan dan dua hasil imbang. Vietnam saat ini unggul dua angka dari Uni Emirat Arab yang juga sudah bermain enam kali dan kini duduk di peringkat kedua.

Jalannya Pertandingan

Pada babak pertama, Vietnam tampil sangat mendominasi dan sukses mengurung timnas Indonesia. Dari segi penguasaan bola, Vietnam unggul sangat jauh dengan persentase mencapai 72 persen berbanding 28 persen milik Indonesia.

Meski mendominasi, serangan Vietnam masih kurang efektif karena hanya mampu melepaskan dua tembakan tepat sasaran.

Salah satu kunci keberhasilan timnas Indonesia menahan gempuran serangan Vietnam adalah penampilan kiper Nadeo Argawinata dan duo bek tengah, Arif Satria dan Rizky Ridho. Nadeo tercatat melakukan dua penyelamatan penting sepanjang babak pertama.

Berlanjut ke babak kedua, Shin Tae-yong langsung melakukan dua perubahan dengan memasukkan Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman. Kedua pemain itu masuk menggantikan Yakob Sayuri dan Osvaldo Haay.

Di sisi lain, Park Hang-seo juga melakukan perubahan, yakni menarik keluar Nguyen Van Toan dan memasukkan Nguyen Phuong Cong.

Pada menit ke-46, Vietnam nyaris unggul andai tendangan keras kaki kanan Xuan Truong Luong dari luar kotak penalti tidak membentur mistar gawang Nadeo.

Gempuran Vietnam pada akhirnya membuahkan jasil pada menit ke-51 setelah Nguyen Tien Linh mencetak gol. Menerima umpan terobosan dari lini tengah, Nguyen Tien Linh lolos dari jebakan offside dan langsung melakukan akselerasi ke kotak penalti Indonesia.

Nguyen Tien Linh kemudian melepaskan tembakan keras kaki kanan. Beruntung bagi Indonesia karena Arif Satria berhasil memblok tendangan Nguyen Tien Linh.

Namun, keberuntungan Indonesia berakhir ketika bola muntah kembali ke kaki Nguyen Tien Linh. Kali ini Nguyen Tien Linh tidak menyia-nyiakan kesempatan keduanya dan langsung menghukum lini pertahanan dengan tembakan kaki kanan.

Pemain timnas Indonesia sempat melakukan protes ke wasit setelah gol tersebut. Evan Dimas Darmono dkk saat itu menilai Nguyen Tien Linh melakukan handsball sesaat sebelum melepaskan tembakan keduanya.

Namun, wasit tetap tidak menggubris protes pemain Indonesia dan mengesahkan gol Nguyen Tien Linh.

Setelah tertinggal, timnas Indonesia mulai berani keluar menyerang. Namun, timnas Indonesia justru kembali kebobolan pada menit ke-62 setelah tendangan jarak jauh Nguyen Quang Hai meluncur deras masuk ke gawang Nadeo.

Pada menit ke-67, Nadeo kembali memungut bola dari gawangnya untuk ketiga kalinya. Gol ketiga ini berawal dari sepak pojok yang dilepaskan Xuan Truong Luong. Umpan Xuang Truong Luong kemudian dibelokkan Nguyen Tien Lienh yang berdiri di tiang dekat gawang Indonesia.

Bola sundulan Nguyen Tien Linh mengarah ke mulut gawang Indonesia dan jatuh ke kaki Nguyen Phuong Cong. Nguyen Phuong Chong yang tidak terkawal kemudian dengan mudah menaklukkan Nadeo dengan tendangan kaki kanan.

Setelah tertinggal 0-3, Shin Tae-yong terlihat ingin melihat timnas Indonesia terus bermain menyerang. Hal itu terbukti dari keputusan Shin Tae-yong yang memasukkan dua striker sekaligus, yakni Muhammad Rafli dan Saddam Gaffar pada menit ke-68. Pergantian itu membuat formasi bermain Indonesia berubah dari awalnya 4-2-3-1 menjadi 4-4-2 sejajar.

Ketika berusaha mencari gol balasan, timnas Indonesia kembali dikejutkan oleh tendangan jarak jauh pemain Vietnam yang berbuah gol pada menit ke-73. Kali pemain Vietnam yang berhasil menaklukkan Nadeo lewat tendangan keras dari luar kotak penalti adalah Van Thanh Vu.

Tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 4-0 untuk kemenangan Vietnam bertahan hingga akhir pertandingan. (#)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button