Ingin Nilai Kinerja Shin Tae-yong? Nanti Usai SEA Games

Baaca.id — Kekalahan telak Timnas Indonesia atas Vietnam menimbulkan banyak komentar. Ada yang merasa kecewa dan ada juga yang masih percaya Shin Tae-yong mampu membawa Tim Garuda berprestasi di masa mendatang.

Pengamat sepakbola Tanah Air, Tommy Welly ikut memberikan tanggapan. Menurutnya, terlalu terburu-buru kalau menilai Shin Tae-yong berdasarkan kekalahan dari Vietnam saja.

“Di luar itu, ada yang patut diapresiasi sepertinya solidnya pertahanan kita. Ada, determinasi fighting spirit ada, dan daya juang itu ada peningkatan. Tetapi memang secara organisasi belum selesai dibangun,” ujarnya.

“Banyak momen kalau berhasil merebut bola lalu membangun serangan balik, itu belum berjalan dengan baik. Satu-dua sentuhan hilang, lalu hilang bola. Overall dari dua penampilan itu, satu pertandingan memberi harapan tetapi anjlok lagi. Tetapi itu normal. Menyikapinya harus tetap jernih,” katanya lagi.

Tommy Welly menilai, Shin Tae-yong sedang menjalankan proyeksi jangka panjang bersama Timnas Indonesia. Dengan memberikan menit bermain, Timnas Indonesia diharapkan ikut menerima keuntungannya di masa depan.

Kebetulan PSSI memang memberikan kontrak jangka panjang buat eks Pelatih Timnas Korea di Piala Dunia 2018 itu. Saat diperkenalkan pada akhir 2019 lalu, federasi mengumumkan mengontrak sang pelatih dengan durasi 4 tahun.

“Itu pilihan coach Shin Tae-yong, kondisinya kan kalau peluang lolos dari kualifikasi Piala Dunia sudah tertutup. Jadinya dia memilih generasi Timnas yang sesuai dengan pendekatan dia. Ini bisa jadi skuad proyeksi SEA Games dengan materi seperti ini,” ucap pria yang biasa disapa Bung Towel itu soal pemilihan pemain muda.

“Kalau mau menilai kinerjanya (Shin Tae-yong) dengan materi ini, SEA Games layak dijadikan ukuran untuk menilai. Kalau sekarang (kekalahan dari) Vietnam yang menjadi tolak ukur itu bisa menjadi fatal. Tetapi kalau SEA Games, maka cukup objektif dengan sisa waktu yang ada,” ucap Bung Towel. (#)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button