Ingin Perbaiki Jalan Rusak, Warga Parippung Bone Ajak Pengumpul Padi Galang Dana

Baaca.id, BONE – Kondisi jalan yang terletak di Desa Parippung, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone, rusak parah. Jalan yang menghubungkan Kecamatan Barebbo dan Sibulue ini tak kunjung mendapat perbaikan dari pemerintah kabupaten.

Menurut informasi yang diperoleh, jalan kabupaten ini pertama kali diaspal saat Amin Syam menjadi Gubernur Sulsel. Namun, sejak berakhirnya masa jabatan Amin Syam 2008 lalu, jalan ini tak pernah lagi mendapat perbaikan.

Atas dasar inilah, warga setempat berinisiatif menggalang dana untuk memperbaiki dan menambal jalan tersebut. Jika tidak segera diperbaiki, bisa membahayakan pengguna jalan.

Salah seorang warga setempat Syamsul Bahri mengaku sudah ada sejumlah dana yang terkumpul. “Dana ini murni dari masyarakat yang ikhlas bersedekah,” katanya.

Syamsul mengatakan dana yang terkumpul berasal dari para pengumpul gabah dan relawan yang sering melintas di jalan tersebut. “Sekarang sudah mulai musim panen, jadi kami mengajak para pengumpul gabah yang ada di Desa Parippung menggalang dana untuk membeli material timbunan,” ungkap Syamsul.

“Sudah ada dua truk material yang masuk. Itu juga dari dua orang penyumbang di hari pertama sebanyak Rp400 ribu,” tambah Syamsul.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Barebbo, Andi Ilham Patawari mengaku jika jalan tersebut selalu menjadi prioritas pemerintah desa setempat yang diusulkan untuk mendapat perbaikan.

“Selalu diusulkan di musrenbang tingkat kecamatan, Ndi. Tapi mungkin sampai saat ini belum terealisasi. Perlu diketahui, selama saya menjabat di sini, Kecamatan Barebbo selalu mendapatkan pengaspalan jalan,” ungkap Andi Ilham, Jumat (9/4/2021).

Tahun lalu, lanjut Andi Ilham, yang mendapat pengaspalan adalah jalan di Kelurahan Apala ke Desa Wollangi. Untuk tahun ini di Desa Tallungeng ke Desa Barebbo.

“Kami juga berharap semoga di Desa Parippung secepatnya akan mendapatkan pengaspalan,” harap Andi Ilham. (sul)

Related Articles

Back to top button