Ini Alasan Penerapan Ganjil Genap di Makassar

BAACA.ID, MAKASSAR— Rekayasa lalu lintas via ganjil genap pelat nomor kendaraan, telah ditetapakn di kota Makassar, sejak Kamis (5/5/2022) hingga Minggu (8/5/2022).

Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas (Lantas) Polrestabes kota Makssar, AKBP Zulanda, mengatakan, penerapan ini dilakukan agar masyarakat yang hendak balik mudik tidak bersamaan masuk ke kota Makassar. Ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kemaceten yang panjang.

“Prediksi Jumat, Sabtu dan Minggu puncak arus balik. Yang tertinggi Sabtu sore hingga malam dan Minggu pagi hingga siang,” kata dia, dilansir dari CNNIndonesia.com Kamis (5/5).

AKBP Zulanda juga mengatakan, alasan lainnya diterapkannya rekayasa lalu lintas via ganjil genap pelat nomor kendaraan, ialah agar memberikan kenyamanan dan kelancaran untuk setiap pengendara yang hendak masuk di kota Makassar.

“Kami sangat atensi pada keselamatan, keamanan dan kenyamanan para pemudik yang saat ini tentu saja sudah mulai lelah beraktifitas saat libur lebaran. Jadi kami harap para pemudik arus balik tetap menjaga kebugaran saat mengemudi selalu menjaga jarak aman antar kendaraan, selalu berdoa perlindungan dari Allah SWT agar senantiasa selamat dijalan, tidak memacu kendaraan secara kencang, selalu menggunakan helm utamanya Roda dua, selalu menggunakan safety belt dan selalu cek kondisi kendaraan saat berangkat maupun saat jeda istirahat seperti angin tekanan ban, keoptimalan rem, lampu, bbm yang cukup dan air radiator,” jelasnnya.

Ia menyarankan, untuk setiap pengendara yang hendak pulang ke Makassar, agar memperhatikan pelat nomor kendaraannya.

“Disarankan pemudik yang kembali dari arah Gowa dan Maros untuk memperhatikan nomor pelat kendaraannya,”

Sementara itu, untuk sanksi yang melanggar penarapan rekayasa lalu lintas via ganjil genap ini, AKBP Zulanda, menyampaikan akan memerintahkan pengendara untuk kembali sesuai waktu yang ditetapkan sesuai pelat nomornya.

“Bila bernomor akhir genap disarankan untuk kembali mudik pada tanggal 6 atau 8 Mei, sedangkan yang bernomer akhir ganjil disarankan kembali pada tanggal 5 atau 7 Mei 2022,” paparnya.

 



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button