Ini Jawaban Pemerintah Terkait Tuntutan Demo Mahasiswa 11 April

BAACA.ID – Pemerintah menjawab beberapa hal yang masuk dalam tuntutan mahasiswa saat demo besar yang terjadi pada 11 April kemarin. Ini disampaikan lewat Wakil Presiden Indonesia (Wapres) Maaruf Amin pada saat kunjungan kerja di Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (12/4/2022).

Maaruf menyampaikan beberapa hal yang menjadi tuntutan massa aksi seperti desakan untuk menurunkan harga dan menjaga ketersediaan bahan pokok di pasaran. Ia menjelaskan banyak faktor yang menyebabkan hal itu salah satunya yaitu kenaikan permintaan jelang lebarang Idul Fitri 2022 mendatang.

“Jadi Lebaran kali ini bukan semata-mata Lebaran yang biasanya ada kenaikan, tapi ada pengaruh daripada ekonomi Global,” jelasnya.

Selain itu ekonomi Global juga mempengaruhi naiknya bahan bakar minyak. Konflik Rusia dan Ukraina disebut menjadi salah satu alasan ekonomi Global goyah dan berdampak ke kenaikan minyak dunia.

“Seperti sering dijelaskan pemerintah bahwa memang sekarang ini akibat daripada situasi ekonomi Global ini terjadi kenaikan dimana-mana. Adanya perubahan iklim, adanya perang Rusia-Ukraina itu mengakibatkan semua,” katanya.

Baca Juga:

Namun demikian menurutnya pemerintah telah menetapkan langkah-langkah untuk menanggulangi hal tersebut. Salah satunya yaitu pemberian bantuan sosial (bansos) berupa BLT minyak goreng kepada masyarakat.

“Pemerintah berusaha agar minyak goreng yang curah ini masih bisa terkendali, termasuk salah satunya pemerintah memberikan bantuan sosial minyak goreng,” katanya.

Lebih lanjut, Maaruf mengatakan pemerintah akan tetap mendengar tuntutan yang disuarakan oleh mahasiswa salah satunya lewat aksi demo 11 April kemarin. Demo yang dilakukan mahasiswa dan berbagai elemen masyarakat itu bagi pemerintah diklaim merupakan bagian dari demokrasi.

“Soal demo itu saya kira itu kan sudah dijelaskan pemerintah, itu kan bagian dari demokrasi kita sepanjang dilakukan dengan baik, teratur, tidak anarkis, jadi itu aspirasi. Dan pemerintah mendengar tentu berbagai tuntutan itu,” katanya.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button