Ini Panduan Salat Idulfitri 1442 H dari Pemkot Makassar

Baaca.id, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar mengeluarkan surat edaran nomor 400/273/KESRA/V/2021 tentang panduan pelaksanaan salat hari raya Idul Fitri 1442 hijriah / 2021 M, Jumat 7 Mei 2021.

Panduan salat hari raya Idul Fitri ini dikeluarkan berdasarkan hasil rapat FORKOPINDA, MUI, Ketua MCM, DPP IMMIM, Kementerian Agama bersama Jajaran Pemerintah Kota Makassar.

Wali Kota Danny Pomanto mengatakan panduan itu diterbitkan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 serta memberikan rasa aman kepada umat islam dalam menjalankan ibadah.

Selain mengatur salat hari raya Idul Fitri,  surat edaran tersebut juga mengatur kegiatan malam takbiran.

 Salat Idul Fitri 1442 H
Surat Edaran Pemerintah Kota Makassar

Berikut 10 poin panduan salat hari raya Idul Fitri 1442 hijriah / 2021 M selengkapnya.

1. Dalam pelaksanaan kegiatan Shalat Hari Raya Idul Fitri 1442 H/ 2021 M diharapkan dilaksanakan ditempat terbuka (halaman masjid, lapangan RW atau ruas jalan di RW masing-masing) dengan Alternatif :

a. Menggunakan lapangan terbuka di wilayah masing-masing RW dan berkoordinasi dengan masjid yang terdekat dengan tetap menjaga jarak.

b. Masjid yang telah di tentukan senantiasa dalam kondisi pintu terbuka dan dengan tetap memperhatikan kapasitas jumlah orang dalam masjid maksimal 50 % dari jumlah sepenuhnya.

c. Menggunakan Ruas Jalan yang Luas dan Terdekat dari Masjid masing-masing Wilayah / RW

2. Takbir keliling tidak diperbolehkan, dan malam takbimya dianjurkan ditempat shalat Id yang telah di sepakati.

3. Melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dengan menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak);

4. Menetapkan Panitia Pelaksana Sholat Hari Raya Idul Fitri dengan Menyiapkan petugas lokal pelaksana protokol kesehatan serta membedakan jalur masuk dan jalur keluar jarnaah ditempat shalat Id terutama di Lapangan / Ruas Jalan serta menyiapkan masker.handsinitizer dan juga Thermogun.

5. Halal bihalal dilakukan di tempat shalat Id tanpa ada kontak fisik;

6. Mohon para Jamaah untuk melakukan thaharah/wudhu sejak dari rumah masing-masing serta membawa sajadah /alas sujud.

7. Durasi waktu pada pelaksanaan Sholat Id yaitu 5 Menit Sambutan Panitia 10 Menit Untuk Sholat Id, dan 20 Menit Untuk Ceramah Sholat Id.

8. Para Muballigh Sholat Id Tetap Menyampaikan Pesan Terkait Perkembangan Kondisi Pandemi Covid 19 dan tetap senantiasa mendoakan Kota Makassar untuk terhindar dari berbagai macam penyakit / musibah dan fitnah Lainnya.

9. Camat dan Lurah segera mengkoordinasikan lokasi atau titik pelaksanaan shalat di masing-masing wilayah dan memaksimalkan petugas kebersihan setelah pelakanaan shalat Id;

10. Para Camat segera melaporkan lokasi/titik pelaksanaan shalat Id ke Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Makassar pada tanggal 07 Mei 2021.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button