Ini Tips Bangun Usaha dengan Modal Kecil dan Tanpa Riba

BAACA.ID – Narasumber dalam Dialog Ramadan Masjidpreneur menjelaskan cara membangun usaha dengan modal kecil ataupun tanpa modal. Serta memberikan gambaran mencari modal usaha yang bisa menghindari riba.

Pemilik Grand Sulawesi Group Arif Mone mengatakan saat ini berwirausaha tanpa modal atau modal kecil sangat mungkin karena banyak lembaga-lembaga yang membantu membiayai usaha kecil dengan tanpa adanya riba. Adanya lembaga tersebut setiap orang bisa mengembangkan usaha kecilnya tanpa menggunakan dana pinjaman dari bank.

“Kalaupun ada yang ingin pinjam ke bank, pakai bank syariah yang menerapkan transaksi non riba,” katanya.

Ia juga menjelaskan modal bukan kunci utama dalam membangun usaha. Melainkan membangun kepercayaan kepada orang lain adalah hal penting, bila kepercayaan itu bisa dikembangkan maka banyak keuntungan seperti luasnya relasi yang bisa didapatkan.

“Seringkali yang membangun usaha itu hanya memikirkan modal usaha tapi tidak dipikirkan model dari usaha agar bisa jangka panjang,” katanya.

Baca Juga: Go Masjidpreneur Gelar Dialog Ramadan, Bekali Jamaah Masjid Ilmu Kewirausahaan

Sejalan dengan itu, Pengusaha dan Dai Taufik Al Farabi juga menuturkan kunci utama dalam mendirikan usaha adalah kerja keras. Kerja keras dalam memanfaatkan setiap relasi, skil, dan ilmu pengetahuan agar usaha tersebut bisa berkembang dengan baik.

“Bila tidak ada modal, ada cara lain yang bisa ditempuh mulai dari membangun kepercayaan dan skil diusaha tersebut,” ujarnya.

Menurutnya membangun usaha tidak melulu persoalan modal saja. Namun juga harus mampu dipercaya dan bertanggung jawab kepada orang lain. Nantinya dari kepercayaan yang dibangun bisa berkolaborasi atau bekerja sama untuk membangun usaha yang tidak memiliki modal tersebut.

“Memanfaatkan peluang untuk mendapatkan keuntungan tidak hanya uang tapi relasi dan ilmu,” tuturnya.

Sebelumnya Go Masjidpreneur menggelar Dialog Ramadan bertema kewirausahaan. Kegiatan ini digelar di Masjid Nahdatussa’adah Jl Cendrawasih Makassar. Sabtu 23 April 2022.

Kegiatan ini menghadirkan sejumlah narasumber pengusaha diberbagai bidang. Narasumber dialog yaitu Pemilik Grand Sulawesi Group Arif Mone, Pengusaha dan Dai Taufik Al Farabi, Founder Go Masjidpreneur Askar Al Makassar, CEO Magau Group Rahmat Hidayat J, dan Pemilik PT Dakka Opa Energy Timur (DOET) Putri Dakka.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button