Jadwal SIM Keliling Makassar yang Wajib Diketahui

Baaca.id — Setiap pemilik kendaraan bermotor berkewajiban memiliki surat izin. Hal ini terjadi karena semua orang yang mengendarai kendaraan bermotor perlu mendapat izin.

Setiap pemilik kendaraan bermotor juga mempunyai kewajiban mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Setiap pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki SIM A dan SIM C kendaraan bermotor. Kemudian pemilik kendaraan bermotor juga wajib melakukan perpanjangan setiap 5 tahun sekali.

Biasanya memperpanjang Surat Izin Mengemudi atau SIM dilakukan di kantor Samsat Kepolisian RI setempat dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan.

Namun, sekarang perpanjangan SIM dapat dilakukan dalam program pelayanan SIM keliling yang dilaksanakan oleh pihak Polres setempat.

Masyarakat juga dapat mengetahui jadwal SIM keliling Makassar sebelum melakukan perpanjangan SIM. Namun, sebelumnya Anda perlu memahami dan mengetahui apa itu pelayanan SIM keliling.

Unit Pelayanan SIM

Unit Pelayanan SIM atau Satpas Keliling, adalah satuan penyelenggara administrasi SIM. Biasanya unit tersebut berada di luar lingkungan kantor kepolisian dengan mengendarai.

Dalam menjalankan tugasnya, Satpas Keliling menggunakan sebuah kendaraan mobil berjenis Ranmos Bus, yang telah dimodifikasi sedemikian rupa, hingga dapat berfungsi untuk pelayanan penerbitan perpanjangan SIM A, C, dan SIM.

Satpas Keliling tersebut dilaksanakan oleh Polri yang kemudian pada penempatannya dapat berpindah-pindah sesuai kebutuhan pelayanan masyarakat.

Jadwal SIM Keliling Makassar

Saat pelaksanaan perpanjangan SIM, jadwal SIM keliling Makassar tersebut terdapat waktu kerja pelayanan sesuai waktu yang telah ditentukan.

Berikut ini waktu pelayanan SIM dalam jadwal SIM keliling Makassar.

Senin-Kamis jam 08.00-14.00 Wib, Jumat 08.00-11.00 Wib dan hari Sabtu 08.00-13.00.

Baca Juga:

Persyaratan Pelayanan SIM Dalam Jadwal Keliling SIM Makassar

Sebelum melakukan perpanjangan SIM di unit pelayanan SIM dalam jadwal keliling SIM Makassar. Anda perlu juga mengetahui persyaratan-persyaratannya antara lain:

Persyaratan Perpanjangan SIM Masa Berlaku Sebelum berakhir, antara lain:

1) Mengisi formulir permohonan SIM, 2) melampirkan SIM (asli) lama yang akan diperpanjang.

3) Melampirkan 2 fotokopi SIM.

4) Melampirkan KTP asli dan 2 lembar fotokopi.

5) Bukti Tes kesehatan.

Biaya Perpanjangan SiM dalam jadwal SIM keliling Makassar

Saat perpanjangan SIM sesuai jadwal SIM keliling Makassar yang di gelar oleh kepolisian RI di kota Makassar, Anda akan dikenakan biaya perpanjangan sesuai undang-undang yang berlaku.

Hal ini sesuai dengan PP nomor 60 tahun 2016, tentang penerimaan negara bukan pajak, adalah Rp 80.000 untuk perpanjangan SIM A. Selanjutnya untuk perpanjangan SIM C dikenakan biaya Rp 75.000.

Jadwal Keliling SIM Makassar

Unit Pelayanan SIM bisa Anda kunjungi di jadwal keliling SIM Makassar yang  berlaku selama bulan April 2021.

Saat melakukan pelayanan SIM menggunakan 2 unit mobil menjadi tempat pelayanan SIM dengan jadwal sebagai berikut.

Hari Senin, Rabu, dan Jumat yang berlokasi di Kima Raya dan Jalan Abdul Kadir. Selanjutnya hari Selasa, Kamis dan Sabtu berada di Jalan Jenderal Sudirman atau lebih tepatnya di kawasan Monumen Mandala .

Pada hari Selasa jadwal keliling SIM Makassar di Jalan Gatot Subroto. Hari Kamis berada di Jalan Abdul Kadir dan khusus hari Sabtu di Barambong.

Jadwal SIM Keliling Makassar dalam pelaksanaannya selalu berubah-ubah waktu tanpa pemberitahuan. Cara mudah agar tidak ketinggalan informasi terkini dengan pantau di halaman jadwalsimkeliling.info.

Efesien Waktu

Adanya SIM keliling membuat waktu lebih efesien, karena tidak perlu datang ke kantor Satpas. Hanya tinggal datang ke lokasi mobil SIM keliling terdekat yang telah ditentukan, kemudian tidak banyak antrian panjang membuat pelayanan SIM lebih cepat.

Namun, kini layanan perpanjangan SIM tidak lagi lewat mobil SIM keliling melainkan melalui online dengan aplikasi SIM Nasional Presisi atau Sinar.

Pemilik kendaraan bermotor tidak perlu ke Satpas cukup mengikuti  intruksi yang  ada aplikasi Sinar. Meski demikian, kehadiran aplikasi Sinar tidak berarti mengganti mobil SIM keliling, tetapi hanya sebagai pelengkap.

Itulah informasi singkat tentang jadwal SIM keliling Makassar yang bisa menambah pengetahuan dan wawasan.

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button