Jalan Berlubang di Bone Telan Korban Jiwa

Baaca.id, BONE – Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) akibat jalan berlubang di Kabupaten Bone, kembali terjadi. Bahkan kecelakaan kali ini menelan korban jiwa.

Nasib nahas dialami Hj. Atirah (61), warga Desa Kajaolaliddong. Dia tewas di tempat saat mengalami kecelakaan di Dusun Maduri, Desa Maduri, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone, Kamis (25/3/2021) sekira pukul 12.30 Wita.

Informasi yang berhasil dihimpun dari tempat kejadian menyebutkan, kecelakaan bermula saat sebuah sepeda motor Honda Genio bernomor Polisi  DW 2167 EV yang dikendarai Hj. Atirah bergerak dari arah selatan ke utara. Motor ini bergerak mengambil lajur kanan untuk menghindari jalan berlubang.

Bersamaan dengan itu, dari arah berlawanan, melintas sebuah sepeda motor Yamaha Vega ZR bernomor polisi DW 6870 ES yang dikendarai Muslinah (27), warga Kelurahan Macege. Terjadilah kecelakaan.

“Kejadian itu mengakibatkan Hj Atirah mengalami luka berat dan meninggal di tempat,” ungkap Kanit Laka Lantas Polres Bone, Iptu Siswanto.

Sementara itu, salah seorang pengacara yang ada di Kabupaten Bone, Muhammad Ashar Abdullah mengatakan, dengan kejadian tersebut, kita bisa menggugat penyelenggara jalan. Itu sudah sesuai dengan amanah undang-undang.

“UU telah mengamanahkan jika ada pengendara atau pengguna jalan yang mengalami kecelakaan yang diduga dari jalan yang berlubang, kita bisa menggugat,” ungkap Muhammad Ashar.

Lebih jauh Muhammad Ashar mengatakan, sesuai Pasal 24 ayat (1) UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan berbunyi, penyelenggara wajib segera dan patut untuk memperbaiki jalan yang rusak yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

“Tergantung siapa yang merasa keberatan dan dari apa yang dialaminya. Kalau mau, sekalian gugat pemerintah,” tegasnya.

“Jangan tanggung atau takut. Ini agar mereka (pemerintah) tahu dan paham fungsinya apa yang sebenarnya mereka harus kerjakan untuk menjaga dan mensejahterakan masyarkat yang ada di wilayahnya masing-masing,” tambahnya. (sul)



Related Articles

Back to top button