Jalur Palopo-Masamba Lumpuh, Gerak Cepat BBPJN Diharapkan

Baaca.id, MAKASSAR – Hujan deras yang melanda dalam beberapa hari terakhir menyebabkan sungai meluap banjir di sejumlah wilayah di Kota Palopo dan sekitarnya. Hingga berdampak keretakan pada jembatan Sungai Battang.

Kerusakan jembatan yang berada di perbatasan Kota Palopo dan Kabupaten Luwu akibat terus tergerus arus sungai yang meluap itu berbuntut lumpuhnya akses jalan Palopo – Masamba.

Kondisi yang mengkhawatirkan itu membuat Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman segera berkoordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulsel.

“Kita panggil Balai Jalan KemenPUPR untuk rapat bersama percepatan solusi. Kita harus cepat, karena ini darurat. Saya sudah perintahkan Dishub dan jajaran untuk turun bantu, mereka sudah di sana (Palopo-Masamba),” ujar Andi Sudirman, Selasa (9/11/2021).

Dikatakan, jalur Masamba menjadi fokus perhatian Pemprov Sulsel dalam beberapa hari ini. “Situasi hujan dan banjir serta kenaikan air sungai secara drastis menjadi masalah berulang,” katanya.

Kendati masalah tersebut merupakan kewenangan BBPJN, menurut Andi Sudirman, perlu sinergi bersama agar masalahnya cepat terselesaikan.

“Tim provinsi, termasuk jajaran Polda (Sulsel) telah turun dan standby di lokasi sejak beberapa hari lalu,” aku dia.

“Ini harus segera diselesaikan karena emergency. Ini masih kewenangan Balai tapi itu tanggung jawab bersama kita, harus bersinergi untuk solusi,” pungkasnya. (*)

 



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button