Jangan Ketinggalan, Simak Link Pendaftaran Mudik Gratis dari Kemenhub

BAACA.ID – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka mudik gratis bagi masyarakat yang ingin berlebaran di tahun 2022 ini. Mudik ini ditujukan ke 14 kota tujuan di pulau Jawa. dan mudik gratis ini dijadwalkan pada 28 April 2022.

Sebelumnya Mudik gratis Kemenhub ini sempat vakum selama 2 tahun karena Indonesia dihantam pandemi COVID-19 sejak tahun 2020 lalu. Pada tahun ini, untuk menghindari penggunaan sepeda motor mudik gratis ini menggunakan bus.

Ada sekitar 350 unit bus yang akan disediakan, 270 bus akan dioperasikan untuk angkutan mudik bagi 8.100 penumpang. Sementara itu, sebanyak 80 bus akan dikerahkan untuk 2.400 penumpang pada arus balik.

Sedangkan untuk sepeda motor para pemudik, Kemenhub menyediakan sebanyak 34 unit truk untuk mengangkut 1.020 sepeda motor. Pendaftarannya sendiri dimulai pada 9 April dengan tujuan 14 kota di Jawa Tengah secara online di situs yang disediakan oleh Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan telah menyiapkan 350 unit bus untuk mengangkut penumpang mudik gratis, baik untuk arus mudik dan balik. Total kuota pemudik adalah sebanyak 10.500 penumpang.

“Pendaftaran mulai minggu depan, dan tujuannya hanya ke Jawa Barat dan Jawa Tengah,”

Baca Juga:

Adapun syarat perjalanan bagi calon pemudik, berlaku aturan vaksinasi ke 1, ke 2 atau booster yang mengacu kepada Surat Edaran (SE) No 41 Tahun 2022 tentang Pedoman Mudik Gratis TA 2022. Syarat untuk mudik gratis ini yaitu pemudik wajib memiliki dokumen sah kependudukan seperti KTP dan KK, sudah vaksin lengkap/booster.

Adapun daftar 14 kota tujuan mudik gratis Kemenhub yaitu:
1. Tegal
2. Semarang
3. Demak
4. Kudus
5. Boyolali
6. Solo
7. Klaten
8. Wonogiri
9. Wonosari
10. Yogyakarta
11. Magelang
12. Wonosobo
13. Kebumen
14. Purwokerto

Bagi masyarakat yang akan mendaftar mudik gratis dapat mengakses laman www.mudikhubdat2022.com dan mendaftar secara daring.

Selanjutnya dapat login dan mengisi data lengkap, kemudian menunggu verifikasi dan validasi sistem. Setelah itu calon pemudik dapat mengunduh dan cetak QR e-tiket peserta mudik.

Calon pemudik dapat membawa QR e-tiket beserta data pendukung lainnya seperti KTP, Kartu Keluarga/KK, Bukti Vaksin, ke lokasi registrasi untuk mendapatkan nomor bus.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button