Rekomendasi Jasa Sumur Bor Makassar

Baaca.id — Air sumur merupakan salah satu komponen utama bagi kehidupan manusia. Bisa untuk kebutuhan saitasi ataupun untuk air minum sehari-hari.

Fungsi sumur tidak lepas dari letak sumur itu sendiri dan seberapa dalam sumur tersebut.

Apabila letak dan kedalaman sumur tidak tepat, maka air yang dihasilkan akan kotor sehingga tidak bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari dan diminum. Namun permasalahan air ternyata tidak hanya urusan kedalaman dan letaknya saja.

Salah satunya terjadi di kota Makassar. Menurut sekertaris Dinas Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Sulawesi Selatan, Syamsul Bachri mengatakan bahwa kota Makassar terancam krisis air tanah 15 tahun mendatang.

Dikutip dari tempo.co, Syamsul menjelaskan bahwa ancaman ini ada lantaran ditemukan intrusi air laut dari sebelah barat Makassar yang memasuki kawasan permukiman, seperti di Jalan Jenderal Sudirman.

Bahkan kedalaman intrusi air laut di kawasan industri di belakang Pasar Daya, Kecamatan Biringkanaya, Pasar Daya Baru, dan Bandara Sultan Hasanuddin sudah mencapai 80 meter.

Ia menjelaskan, intrusi air laut adalah masuknya air laut ke dalam pori-pori tanah sehingga membuat air yang digunakan masyarakat menjadi asin. Sejak 2009 hingga saat ini, intrusi air laut terus diteliti. Dan hasilnya, tingkat keasinan air di permukiman naik 20 persen tiap tahun.

Penurunan muka air tanah akan mengancam ketersediaan air tanah layak konsumsi oleh masyarakat Makassar.

Dari permasalahan tersebut juga Syamsul mengusulkan agar instansi terkait, seperti Badan Lingkungan Hidup Daerah Kota Makassar, harus dapat memastikan perizinan pembuatan sumur bor mengikuti aturan.

Ia mencontohkan, kedalaman sumur bor di hotel-hotel harus lebih dari 100 meter. Maka dari itu pemilihan jasa sumur bor Makassar juga sangat penting. Dengan itu maka air yang dihasilkan pun tidak akan tercemar dan bisa dimanfaatkan dengan baik.

Namun sebelum membahas rekomendasi jasa sumur bor Makassar, ada baiknya anda memperhatikan Berikut ciri-ciri air tanah yang sehat dan aman untuk digunakan di rumah.

1. Jernih

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kejernihan air. Jika air tanah tampak keruh, maka dapat dipastikan air telah terkontaminasi lumpur dan tidak layak untuk digunakan, terutama untuk air minum.

Meski demikian, air yang tampak jernih belum tentu bersih dan layak digunakan. Namun demikian, hal itu dapat menjadi langkah pertama untuk menilai kualitas air tanah.

2. Tidak berwarna

Pada beberapa kasus, ada air tanah yang berwarna kuning atau hijau. Kondisi itu lebih parah dari air keruh dan sangat berbahaya untuk kesehatan. Dikutip dari kompas.com, Umumnya, warna air tanah dipengaruhi kandungan unsur yang ada di dalam tanah.

Anda dapat mendeteksi hal itu dengan menaruh jarum atau batu di dasar bak penampungan. Jika tidak terlihat dari atas, maka air tersebut tidak layak untuk digunakan.

3. Rasanya tawar

Setelah memastikan air tanah tampak jernih dan tidak berwarna, langkah selanjutnya adalah mencicipi rasanya sedikit. Layaknya air minum, air tanah yang baik umumnya akan terasa tawar.

Jika air tanah terasa aneh saat dicicipi, dapat dipastikan air tersebut telah tercemar unsur polutan dan berbahaya untuk digunakan.

4. Derajat keasaman (pH) netral

Indikator selanjutnya adalah tingkat keasaman (pH). Air tanah yang baik dan aman digunakan harus memiliki pH netral, yakni antara 6,8 hingga 7,2 untuk bak penampungan kecil, serta 6,5 hingga 7,5 untuk bak penampungan besar.

Air tanah dengan tingkat keasaman yang terlampau tinggi atau rendah berisiko memberi dampak buruk pada kesehatan. Oleh karena itu, pastikan air tanah di rumah Anda memiliki pH netral sebelum digunakan.

5. Tidak mengandung bakteri berbahaya

Air tanah yang tercemar bakteri wajib Anda hindari karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Salah satu bakteri yang kerap mencemari air tanah adalah E. coli. Bakteri itu dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diare, tifus, hepatitis, dan kolera.

Pencemaran E. coli biasanya disebabkan oleh sumber air tanah yang terlalu dekat dengan saluran pembuangan kotoran atau septic tank.

Baca Juga:

Tips Menghindari dan Meminimalkan Masalah dari Air Sumur Bor

Sebelum memutuskan untuk membuat sumur bor, ada baiknya perhatikan poin-poin berikut:

  • Sumur penampungan air tanah harus jauh dari tempat pembuangan limbah atau septic tank minimal 250 meter.
  • Sumur penampungan air tanah harus dibuat dengan kedalaman tertentu. Hal ini bertujuan agar air tanah tidak terkontaminasi oleh polutan di permukaan.
  • Hindari pembuatan sumur penampungan air tanah di dekat daerah industri.
  • Jika air tanah disimpan di tangki penampungan air, sebaiknya tangki ditutup untuk mencegah masuknya hewan atau benda lain.
  • Begitu pentingnya air dalam kehidupan sehari-hari, maka perlu diperhatikan keamanannya. Air tanah yang dikonsumsi begitu saja bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Rekomendasi Jasa Sumur Bor Makassar

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa Makassar terancam krisis air tanah 15 tahun mendatang. Dinas Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Sulawesi Selatan, Syamsul Bachri pun mengatakan bahwa proses dalam pembuatan sumur bor harus diperhatikan.

Untuk Anda yang sedang mencari jasa sumur bor Makassar, berikut rekomendasi dari kami:

1. Ahli Mampet

Ahli Mampet merupakan usaha yang melayani jasa pengeboran sumur, sumur bor dangkal/pantek, sumur semi artesis, servis pemasangan baru jetpum , instalasi air, pompa air dan spare partnya, sedot WC, resapan air, wastafel mampet, dan lain-lain. Usaha ini berdiri dari Januari 2019.

Keunggulan dari jasa di tempat ini adalah, memiliki peralatan yang relatif lengkap, pekerjanya sudah profesional, harga relatif terjangkau, serta cepat dan bergaransi.

Ahli mampet ini juga menyediakan jasa sumur bor Makassar untuk rumah, perumahan, proyek, hotel, wisma, rumah ibadah, dan rumah makan.

Jasa sumur bor Makassar ini mencakup wilayah Biringkanaya, Bontoala, Kepulauan, Sangkarrang, Makassar, Mamajang, Manggala, Mariso, Panakkukang, Rappocini, Tallo, Tamalanrea, Tamalate, Ujung Pandang, Ujung Tanah, dan Wajo.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga bisa hubungi nomor 08874498048 dan WhatsApp 088744982048.

2. Jasa Tukang Seba Bisa (Ahli Sumur Bor)

Jasa sumur bor Makassar ini melayani buka selama 24 jam. Jasa yang mereka sediakan adalah jasa sumur bor dalam, sumur bor, sumur gali, suntik sumur, perbaikan sumur, dengan tukang yang sudah berpengalaman.

Selain itu mereka juga siap mengatasi masalah sumur kering, debit air minim, sumur tercemar. Ahli sumur bor  memiliki beberapa alternatif pengeboran untuk mendapatkan hasil air yang bagus dan kami memberi solusi terbaik buat para client kami, dan kami berusaha untuk mendapatkan sumber air yang diharapkan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga  bisa hubungi nomor bisa menghubingi nomor 085299200251.

3. Barbor Solution

Barbor Solution merupakan salah satu penyedia layanan jasa sumur bor Makassar dan pengeboran tanah. Mereka bahkan sudah memiliki beberapa mitra di berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Sebelum melakukan pengeboran mereka juga membuka jasa konsultasi terlebih dahulu. Untuk masalah tarif tidak semua tempat sama. Karena tentu satu sumur dengan sumur lainnya berbeda.

Berbeda kedalaman tanah, berbeda jenis batuan yang ada di dalamnya, berbeda lokasi juga dan bermacam-macam faktor yang dapat mempengaruhi perbedaan biaya pembuatan jasa sumur bor Makassar.

Oleh karena itu, Anda dapat konsultasi terlebih dahulu dengan tim Barbor Solution untuk mendapatkan rincian biaya dan estimasi waktu pengerjaan sumur bor. Anda bisa menghubungi nomor 082233691495 dan 082135353325 atau bisa mengirimkan email ke [email protected]

Itulah beberapa penjelasan mengenai sumur bor dan rekomendasi jasa sumur bor Makassar. Semoga membantu.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button