Jelajah Pesona Sulawesi 2021, Bersepeda Sepanjang 333Km Sambil Promosikan Wisata Sulsel

Baaca.id, MAKASSAR — Mempromosikan aneka objek wisata bisa dengan berbagai cara. Bahkan sambil bersepeda.

Cara tersebut dilakukan Komunitas Sepeda Lipat Makassar (SLiM). Bersama Perhimpunan Hotel Indonesia (PHRI) serta Pemprov Sulsel, menggiatkan promosi wisata Sulsel melaui event Jelajah Pesona Sulawesi 2021.

Sebanyak 70 peserta turut serta di event bersepeda yang berlangsung selama empat hari melintasi sembilan kabupaten/kota dengan menempuh jarak 333km itu.

Para peserta tersebut dilepas Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Rumah Jabatan Wakil Gubernur, melepas 70 peserta dari berbagai daerah di Indonesia di Jalan Yusuf Daeng Ngawing, Kamis (11/11/2021).

Tidak hanya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Prof Jufri dan Wakil Ketua KONI Sulsel, Irfan Lutfi, pelepasan peserta Jelajah Pesona Sulawesi 2021 juga dihadiri Ketua DPRD Kota Bontang Faisyal Sofyan Nasdam, Ketua KONI Bontang, Emil.

“Tentu ini adalah kecintaan kita pada bagaimana hidup sehat, ramah dengan lingkungan karena sepeda lipat ini tidak menimbulkan emisi. Ini juga sebagai kampanye rendah karbon. Terutama bagaimana bersepeda menjadi kebiasaan,” kata Andi Sudirman sebelum melepas peserta.

Ia mensupport budaya bike to work, serta hak pesepeda pada jalur lintasan. “Tadi saya berdiskusi bagaimana bike to work, juga jalur khusus pesepeda. Saya bilang kita cat yang merupakan jalan kewenangan provinsi. Kita akan buatkan tracknya, kita ajak Balai, kita jadi contoh,” sebutnya.

SLiM menginisiasi kegiatan ini, karena pandemi Covid-19 membuat sektor pariwisata terpuruk. Sehingga diharapkan kehadiran peserta dari berbagai wilayah di Indonesia bisa menumbuhkan sektor pariwisata.

Adapun rute di hari pertama dari Makassar ke Pinrang. Peserta akan menginap dan di jamu di Rumah Jabatan Bupati Pinrang. Esoknya hari kedua, menuju ke Cakke di Kabupaten Enrekang dan dijamu oleh pemerintah daerahnya. Hari ketiga, dari Enrekang menuju ke Toraja.

“Hari keempat diajak ke tempat wisata yang ada di Toraja. Dengan demikian, peserta dari berbagai wilayah di Indonesia ini kita ajak menikmati wisata kita di Sulsel,” ucap Ketua Panitia Jelajah Pesona Sulawesi 2021, Syamruddin. (*)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button