Jelang Peparnas XVI, Kesiapan Akomodasi buat Kenyamanan Atlet Disabilitas Mendesak

Baaca.id, JAKARTA – Sukses menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021, Papua pun ditunjukkan menjadi tuan rumah Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021. Dijadwalkan 2-15 November 2021.

Sebelum tiba masa pelaksanaannya, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) perlu memastikan beberapa hal demi kelancaran penyelenggaraan Peparnas di Bumi Cendrawasih.

Termasuk segala hal yang meliputi dukungan bagi para atlet dalam hal tenaga pendamping dan standardisasi sarana prasarana; ketersediaan, kelayakan, dan aksesibiltas penginapan; serta pelaksanaan protokol COVID-19 sepanjang acara.

“Ini untuk memastikan para atlet disabilitas betul-betul mendapatkan akomodasi yang nyaman. Tentu ini harus kita usahakan betul agar tak memengaruhi prestasi para atlet,” ungkap Deputi Bidang Koordinasi, revolusi Mental, Pemajuan Budaya, dan Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Didik Suhardi.

Di luar itu, pemerintah telah menyiapkan berbagai aspek yang dibutuhkan guna menyukseskan penyelenggaraan Peparnas 2021. Seperti disampaikan Didik meelalui rapat koordinasi secara dalam jaringan (daring) pada Senin (25/10/2021) lalu,

Antara lain, dari aspek akomodasi, venue, peralatan pertandingan, keamanan, transportasi, kesehatan, konsumsi, teknologi, informasi, dan publikasi.

“Semuanya telah dipersiapkan dengan baik,” ujar Didik, dikutip dari laman resmi Kemenko PMK.

Peparnas merupakan ajang olahraga multievent nasional terbesar bagi atlet penyandang disabilitas.

Dari laman Peparnas XVI Papua, total 1.985 atlet yang akan berlaga memperebutkan medali di ajang tersebut. Juga 740 ofisial. (*)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button