Alasan Mengapa Tanaman Jenis Aglaonema Mahal

Baaca.id — Tanaman hias begitu indah menghiasi halaman depan dan samping rumah. Anda juga bisa melakukan kegiatan menanam tanaman hias di rumah.

Ada beberapa jenis tanaman hias yang ditawarkan, dari tanaman bunga kertas hingga bunga Aglaonema yang harganya mencapai jutaan rupiah.

Sebelum mengetahui alasan mengapa tanaman jenis Aglaonema mahal, mari terlebih dahulu mengenal apa itu tanaman Aglaonema.

Apa Itu Tanaman Hias Aglaonema

Aglaonema atau dikenal dengan nama Sri Rejeki atau Chinese Evergreen merupakan salah satu suku talas-talasan atau Araceae yang memiliki 30 spesies tanaman.

Beberapa jenis Aglaonema yang populer antara lain: Aglaonema Black Lance, Brilliant, Calplypso, Cecelia, Christina, Cutlass, Diamond Bay, Emarald Bay, hingga Aglaonema Gemini.

Biasanya tanaman hias tersebut tumbuh di daerah lembab dengan intensitas matahari rendah. Ciri-ciri tanaman Sri Rejeki ini mempuyai akar serabut serta batang yang tidak berkambium.

Warna tanaman Aglaonema sangat beragam dan mencolok yang membuat pencahayaan pun semakin banyak dibutuhkan. Cahaya terang pada tanaman Aglaonema berfungsi untuk mempertahankan warna daun dan varietasnya.

Aglaonema yang demikian beragam membuat tanaman hias tersebut populer di Indonesia. Alasannya karena warna daun yang cantik, kemudian dapat tumbuh di dalam ruangan membuat siapapun yang melihatnya tentu akan tertarik merawatnya.

Karena kecantikannya, tanaman ini sampai-sampai dijuluki sebagai ratu daun.

Kelebihan Aglaonema Sebagai Tanaman Hias Indoor

Beberapa kelebihan Aglaonema sebagai tanaman hias indoor salah satunya tidak membutuhkan pencahayaan khusus dan bisa tumbuh subur yang minim cahaya matahari.

Kelebihan lainnya yang penting diketahui, yaitu: mampu menyerap Formaldehida dan Benzema dalam ruangan.

Memiliki banyak varietas menjadi kelebihan Aglaonema yang setidaknya ada dua puluh varietas dengan bentuk daun, dan corak warna yang berbeda.

Mengapa Tanaman Jenis Aglaonema Mahal?

Pertama: Alasan tanaman jenis Aglaonema mahal karena warna daun pada tanaman ini membuat siapapun yang melihatnya akan terpikat, apalagi dapat ditaruh dalam ruangan yang tentunya dapat mempercantik pekarangan rumah.

Keindahan pada daun dan warnanya yang mencolok tidak hanya mempercantik ruangan, tetapi mampu menghilangkan polutan di udara.

Kedua: Jenis Aglaonema juga mempengaruhi tinggi dan rendahnya harga. Harga paling murah berkisar Rp 50.000 untuk jenis lipstik, sedangkan harga lainnya berkisar Rp 100.000-Rp 1.000.000.

Ketiga: Warna dan ukuran pada tanaman Aglaonema yang cantik. Aglaonema Harlequin merupakan hasil persilangan Greg Hambali.

Harga tinggi rendahnya Aglaonema tergantung pada kilap, dan kombinasi  warnanya. Dari sinilah kemudian mendorong orang-orang untuk memburu Aglaonema, meski harganya puluhan juta rupiah.

Keempat: Mudah berkembang dengan pencahayaan minim dan dapat di taruh baik di dalam maupun luar ruangan.

Meski demikian, tidak semua jenis Aglaonema dapat tumbuh dalam ruangan dan hanya beberapa jenis tanaman saja yang bisa tumbuh seperti Nitidum, Emerald bisa hidup dengan pencahayaan minim.

Baca Juga:

Kelima: Ukuran dan usia Aglaonema. Ukuran tanaman jenis Sri Rejeki ini memang tidak terlalu besar, sehingga bisa ditaruh di mana saja sesuai selera, baik di dalam dan luar ruangan.

Usia Aglaonema yang dewasa juga dapat mempengaruhi harga. Semakin dewasa usianya akan jauh lebih mahal harganya, dibandingkan yang usianya masih muda. Dari umur inilah yang menjadi faktor utama mengapa jenis Aglaonema mahal.

Keenam: Selain cantik, yang membuat tanaman jenis Aglaonema mahal yakni karena ia dapat menetralkan udara kotor. Karbondioksida dapat berubah menjadi oksigen setelah Anda memiliki tanaman Aglaonema dalam ruangan.

Kelebihan inilah seringkali membuat tanaman tersebut di taruh di dalam ruangan sebagai penyejuk sekaligus penghias ruangan.

Ketujuh: Terakhir, dapat dijadikan Bisnis. Warna, ukuran, dan bentuk Aglaonema yang cantik. Kelebihan tersebut kemudian bisa dikembangkan dengan membudidayakan di pekarangan rumah. Karena harga jenis Aglaonema mahal, maka ia juga dapat dijadikan objek bisnis.

Tidak banyak membutuhkan perawatan yang sulit, kemudian tidak memerlukan lahan yang luas, Anda bisa memulai bisnis Aglaonema dan memberikan peluang yang menguntungkan.

Peminatnya yang tinggi dapat membuat banyak laba yang diperoleh dan mendapatkan keuntungan..

Racun Aglaonema yang Berbahaya

Di balik keindahan dan harga jenis Aglaonema mahal, ternyata ia memiliki kandungan racun yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh anak-anak dan hewan peliharaan apabila termakan dalam jumlah banyak.

Racun pada Sri Rejeki ini berupa getah yang bisa mengakibatkan pembengkakan di mulut dan lidah, gatal-gatal, hingga gangguan pernafasan dengan tingkat racun ringan.

Itulah informasi mengenai tanaman jenis Aglaonema mahal beserta kelebihan yang dipunyai. Semoga bermanfaat.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button