Jenis Kelamin Berubah, Aprilia Manganang Resmi Jadi Aprilio Perkasa Manganang

Baaca.id, JAKARTA — Pengadilan Negeri (PN) Tondano mengesahkan perubahan identitas jenis kelamin Aprilia Santini Manganang dari perempuan menjadi laki-laki. Namanya pun berubah.

Melalui sidang di PN Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (19/3/2021) secara dalam jaringan (Daring), eks atlet voli nasional itu kini bernama Aprilio Perkasa Manganang.

Hakim PN Tondano, Nova Laura juga memerintahkan kepada Disdukcapil untuk mendaftarkan perubahan pemohon Aprilio Perkasa Manganang dari perempuan ke laki-laki.

“Memerintahkan pemohon melaporkan ke dukcapil untuk mencatat pergantian nama pemohon dan membebankan biaya pemohon yang timbul atas perkara ini sebesar Rp260 ribu,” kata Nova.

Atas keputusan PN Tondano itu, Aprilio pun berharap identitas barunya tersebut bisa membuatnya lebih fokus dalam menjalani karier sebagai Sersan Dua.

“Puji Tuhan, akhirnya saya bisa melewati semua ini berkat Bapak KSAD, Ibu Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Hetty Andika Perkasa, dan para dokter. Saya bersyukur bisa lewati ini ke depan saya fokus ke profesi saya sebagai prajurit AD di mana pun saya ditempatkan,” ungkap Aprilio.

Sebelumnya, laki-laki berusia 28 tahun itu dikenal sebagai pevoli putri yang kerap langganan masuk Timnas voli di berbagai event nasional dan internasional. Kendati ada juga yang sempat meragukan kewanitaan Aprilia di beberapa kesempatan.

Serda Aprilio Perkasa Manganang sebelumnya juga didiagnosis mengidap penyakit hipospadia oleh Kepala RSPAD Gatot Soebroto. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button