Cantik, Berbagai Jenis Merpati Hias yang Ada di Indonesia

Baaca.id — Merpati merupakan burung hewan peliharaan yang sangat populer. Keindahan bentuk dan warna menjadikan kesenangan tersendiri bagi penggemarnya.

Berbagai jenis merpati hias sudah dikembangbiakan ratusan tahun dan memproduksi keturunan aneh, unik, dan mewah.

Merpati merupakan salah satu hewan yang kini banyak menjadi primadona di masyarakat, terutama bagi penghobi merpati hias. Jenis merpati hias saat ini sudah beragam macam jenisnya, mulai dari jenis lokal maupun impor.

Banyak masyarakat yang memanfaatkan burung merpati sebagai hewan hias maupun dijadikan sebagai perlombaan terbang. Perlombaan tersebut sering dilakukan di berbagai daerah, perlombaan itu namanya “Kolongan Merpati”.

Merpati hias memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, jadi berbeda dengan merpati biasa yang sering dilihat. Biasanya keunikan tersebut terletak pada postur tubuh, perilaku maupun bentuk bulunya.

Terdapat jenis merpati hias yang bulunya bisa sampai menutupi kepala, ada juga yang bulunya sampai kaki, kemudian bulunya juga ada yang terbalik dan masih banyak lagi merpati hias yang unik dan keren-keren lainnya.

1. Merpati King/Show King

Jenis merpati hias ini dulunya merupakan merpati pedaging yang diperuntukkan untuk keperluan konsumsi, tetapi seiring berjalannya waktu kemudian dikembangkan beberapa varietas sebagai burung hias.

Merpati ini berasal dari Amerika Serikat, lalu tersebar sampai ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Pada umumnya merpati hias ini memiliki ciri-ciri bodi yang bulat/gemuk. Orang banyak menyebutnya sebagai merpati “show king”.

2. Merpati Mondain/French Mondain

Jenis merpati hias ini berasal dari Prancis, awalnya merpati tersebut hanya digunakan sebagai merpati pedaging karena memiliki bentuk badan yang gemuk dan bulat besar. Menariknya merpati ini memiliki kaki yang pendek, sehingga tampak dada hampir menyentu lantai.

3. Merpati Gondok

Merpati Gondok termasuk jenis merpati hias lokal. Peternak sudah bisa mengembangbiakan merpati ini. Harga jual di Pasar Pramuka, merpati gondok lokal dijual dengan harga Rp 900.000 sepasang. Sedangkan untuk impor dengan harga Rp 5.000.000 sepasang.

4. Merpati Kipas

Berasal dari India dan Tiongkok, tanda mencolok di ekornya berkembang menyerupai kipas, kekurangan pada jenis merpati hias ini anaknya harus diasuh oleh induk lain.

5. Modena

Jenis merpati hias yang terkenal sebagai merpati ternak yang baik. Modena memiliki badan putih serta kepala, sayap dan ekor yang berwarna-warni. Merpati ini termasuk merpati kecil dengan ukuran panjang 25cm, tetapi padat gemuk (buntek) dan bergaya anggun.

6. Blue Ground Doves

Blue Ground Doves atau Merpati Tanah Biru, jenis merpati hias satu ini lebih banyak menghabiskan waktunya di tanah. Baik itu mencari makan maupun kawin. Meski sering berada di tanah, burung ini justru relatif banyak ditangkarkan oleh manusia.

Baca Juga:

Karena merpati ini memiliki kicauan yang begitu indah. Kemudian corak pada tubuh yang cantik menjadi sebab lain mengapa para penghobi terpikat untuk memeliharanya dengan begitu sangat baik.

Jenis merpati hias ini berasal dari benua Amerika, untuk harga merpati tanah biru ini berkisar mulai dari Rp 400.000.

7. Indian Fantail Pigeon

Hewan ini memiliki ekor layaknya kipas, jika dipadu-padankan dengan warna bulu putih. Maka, burung ini sangatlah cantik serta cocok untuk dipelihara sebagai merpati hias. Tak hanya itu, jika dapat menghasilkan warna dan pola tubuh begitu unik dan baru.

Maka harga dari salah satu jenis merpati hias ini begitu sangat tinggi. Bahkan lebih dari 2 juta rupiah per ekor untuk ukuran anakan. Merpati ini berasal dari India yang dibanderol dengan harga Rp 2.800.000 per ekor.

8. Jacobin Pigeon

Merupakan merpati hias yang paling primadona dan sering dibudidayakan di India maupun Pakistan. Alasannya burung tersebut memiliki tubuh yang begitu cantik yaitu pada bagian bulu belakang rancung. Sehingga terlihat seperti mahkota.

Tak hanya itu, warnanya yang beragam, baik itu merah maupun kuning. Menyebabkan burung tersebut punya harga yang relatif mahal. Tepatnya dengan harga Rp 700.000 per ekor usia anakan.

9. Maltese Pigeon

Jenis merpati hias ini sudah banyak dibudidayakan oleh para penghobi, alasannya adalah perawatan yang relatif mudah serta karakternya yang human friendly. Bukan itu saja, merpati ini memiliki postur bertipe hias yang sangat anggun.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button