Jenis-jenis Sawo yang Jarang Diketahui

Baaca.id – Buah sawo merupakan salah satu buah yang banyak tumbuh di daerah tropis, salah satunya di negara kita Indonesia.

Ada banyak manfaat sawo bagi kesehatan tubuh. Di balik rasanya yang manis, buah sawo ini mampu menurunkan kadar gula darah dan dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Buah sawo pada umumnya dimakan sebagai hidangan cuci mulut karena teksturnya yang lembut, dan mempunyai rasa yang manis.

Kamu bisa mengonsumsi sawo dengan cara dimakan langsung, atau juga diolah lebih lanjut seperti olahan campuran es krim, selai sawo, maupun berbagai olahan jenis lainnya.

Jenis sawo yang sering kita makan yaitu sawo manila yang warnanya kecoklatan. Manilkara zapota merupakan nama ilmiah dari buah sawo.

Sawo manila bisa tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi, mulai dari ketinggian 300 mdpl hingga 2500 mdpl. Tanaman ini tahan terhadap kekeringan ataupun tiupan angin keras.

Sawo ini cocok ditanam sebagai tanaman pekarangan atau sebagai tanaman peneduh. Selain jenis sawo yang berwarna coklat, ternyata ada juga sawo yang berwarna kuning, hitam, kehijauan hingga ungu. Berikut ini merupakan jenis sawo yang jarang diketahui dan akan kita bahas seperti dibawah ini.

Baca Juga:

1. Sawo Mentega

Sawo mentega atau yang biasa disebut dengan sawo belanda ini adalah buah sawo yang berasal dari Amerika Tengah, tepatnya di Meksiko bagian Selatan. Akan tetapi untuk saat ini sawo belanda sudah menyebar ke beberapa negara dan sudah banyak yang menanam, termasuk di Indonesia.

Melansir dari bacaterus.com, jenis sawo mentega ini mempunyai tinggi sekitar 30 meter, meskipun kebanyakan umumnya hanya mempunyai tinggi 20 meter. Sawo Belanda ini mempunyai tampilan yang mencolok, karena buah ini mempunyai kulit dan daging didalamnya yang berwarna kuning cerah. Kulitnya mempunyai tekstur yang licin seperti berlilin.

Jenis sawo ini mempunyai pohon yang umumnya dijadikan sebagai pohon peneduh dan juga sebagai penghias taman. Buah sawo mentega bermafaat untuk anti mikroba dan anti peradangan apabila kamu memakannya secara teratur. Selain itu sawo mentega juga mempunyai kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah flu dan batuk.

2. Sawo Kecik

Seperti namanya sawo kecik mempunyai ukuran yang paling kecil diantara jenis sawo lainnya. Sawo ini biasa disebut dengan sawo Jawa. Pohon jenis sawo kecik ini mempunyai ukuran yang sedang dan tinggi sekitar 25 meter dengan diameter batang 100 cm.

Buahnya mempunyai bentuk yang bulat telur kecil dengan rasa yang sepet-sepet manis. Kulitnya berwarna merah sampai keunguan dan mengkilap, termasuk kedalam genus Manilkara. Tanaman sawo kecik ini sudah mulai langka keberadaannya.

Jenis sawo ini dapat tumbuh subur di daerah pesisir pantai sampai dataran pada ketinggian 500 mdpl. Tanaman langka ini kayunya bisa dijadikan sebagai bahan bangunan sampai peralatan rumah tangga.

3. Sawo Duren

Jenis sawo ini bukan berarti rasanya seperti duren. Sawo Duren atau Chrysophyllum cainito, mereka termasuk keluarga Sapotaceae dari genus Chrysophyllum. Sawo duren dikenal sebagai sawo apel, sawo hejo, sawo kadun atau kenitu.

Sawo ini mempunyai warna coklat keemasan dengan bentuk lonjong sampai bundar telur terbalik. Buahnya berbentuk bulat sampai oval dengan warna hijau kekuningan sampai ungu dengan mempunyai diameter 5-10 cm.

Sawo ini memiliki kulit yang cukup tebal seperti kulit manggis, namun untuk bagian luarnya tidak keras seperti manggis. Daging buahnya mempunyai warna putih lembut atau ungu dan rasanya manis.

4. Sawo Mentimun

Sawo mentimun yaitu sebuah varietas baru dari buah sawo. Sawo mentimun mempunyai bentuk yang tidak seperti sawo pada umumnya, yaitu berbentuk bundar atau lonjong seperti telur. Sawo ini mempunyai bentuk lonjong memanjang seperti mentimun.

Meskipun namanya sawo mentimun, namun rasanya sama sekali tidak mirip mentimun, rasanya tetap segar seperti buah sawo pada umumnya. Jenis sawo ini mempunyai kulit buah yang berwarna coklat dan kasar.

Ukurannya yang besar membuat sawo ini mempunyai daging buah yang cukup tebal. Sawo mentimun juga mempunyai beberapa manfaat kesehatan apabila kamu memakannya secara teratur.

Sawo mentimun mempunyai kandungan seperti vitamin A, yang mampu menjaga kesehatan mata. Selain itu juga terdapat vitamin E yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini. Sawo mentimun ini bagus untuk saluran pencernaanmu.

5. Sawo Hitam

Sawo hitam atau Diospyros nigra ini adalah salah satu jenis sawo yang sulit ditemukan karena buah ini sudah langka. Di Indonesia mungkin kamu sangat asing dengan jenis sawo ini. Alasannya karena habitat asli buah tropis ini berasal dari negara Meksiko, Kolombia, dan Amerika Tengah.

Bentuk sawo hitam ini bundar seperti tomat dengan kulit buah berwarna hijau akan tetapi daging buahnya berwarna coklat kehitaman. Rasanya sangat manis seperti menyerupai puding coklat. Selain langka harga sawo ini juga mahal, dimana satu butir sawo ini dibanderol dengan harga Rp 150.000.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button