Jokowi Tegaskan Tidak Ada Perpanjangan Jabatan, Pemilu Tetap 14 Februari 2024

BAACA.ID, JAKARTA – Jelang demo 11 April besok, Presiden Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Pemilu akan tetap dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024. Maka dari itu Ia meminta jangan ada lagi spekulasi terkait penundaan Pemilu, perpanjangan jabatan, dan jabatan 3 periode.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memimpin rapat soal Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 dengan jajarannya pada Minggu (10/4/2022). Dalam rapat tersebut Presiden menekankan jajarannya untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa Pemilu akan digelar sesuai jadwal yakni 2024.

“Saya kira sudah jelas, semuanya sudah tahu bahwa pemilu akan dilaksanakan 14 Februari 2024. Ini perlu dijelaskan. Jangan sampai nanti muncul spekulasi-spekulasi, yang isunya beredar di masyarakat bahwa pemerintah tengah berupaya untuk melakukan penundaan pemilu atau spekulasi mengenai perpanjangan jabatan presiden dan juga yang berkaitan dengan soal tiga periode,” katanya.

Baca Juga:

Jokowi pun meminta agar tahapan Pemilu yang akan dimulai Juni tahun ini juga disosialisasikan kepada masyarakat. Hal ini disebabkan berdasarkan ketentuan UU, tahapan Pemilu dimulai 20 bulan sebelum pemungutan suara digelar.

“Dijelaskan sekalian tahapan Pemilu sudah dimulai di pertengahan Juni 2022,” katanya.

Selain itu Ia juga menyampaikan arahan terkait regulasi Pemilu, seleksi penjabat kepala daerah, hingga anggaran. Jokowi juga wanti-wanti jangan sampai ada politik SARA di Pemilu 2024.

“Saya kira kita memiliki pengalaman yang tidak baik di pemilu-pemilu sebelumnya, kita harapkan ini tidak terjadi di 2024,” jelasnya.

Sebelumnya 11 April besok direncanakan akan digelar demo besar-besaran menolak perpanjangan periode Jokowi dan menuntut diturunkannya harga-harga bahan pokok yang naik. Dilansir dari banyak sumber menyebut ada puluhan kampus yang bergabung dalam demo di sekitar Istana Kepresidenan, Senin 11 April 2022 besok.

Tak hanya itu demo juga akan tersebar diberbagai kota yang ada di Indonesia. Banyak mahasiswa di daerah mengeluarkan poster ajakan demo besar-besaran.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button