Jumlah Anak Didik Merosot, Bunda PAUD se-Makassar Diminta Benahi Pendidikan Usia Dini

Baaca.id, MAKASSAR – Masa pandemi Covid-19 rupanya turut berdampak terhadap penurunan jumlah anak didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Makassar.

Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar, Nielma Palamba di momen pelantikan 15 Bunda PAUD kecamatan se-Kota Makassar di Ruang Sipakatau, Kantor Balaikota, Rabu (10/11/2021).

“PAUD merupakan pendidikan yang strategis, karena terkait pembentukan karakter anak. Namun di masa pandemi, menjadi tantangan bagi kita semua, karena menurunnya jumlah anak didik PAUD,” ungkap Fatma.

“Dari 892 unit yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Makassar, di tahun 2019 jumlah anak didik mencapai 23 ribu. Namun di masa pandemi tercatat hanya sekitar 5 ribu anak didik,” ungkap dia.

Hal itu tentunya menjadi tantangan bersama. Terobosan para Bunda PAUD se-Kota Makassa diharapkan mampu membangkitkan kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan anak usia dini. Demi melahirkan generasi cemerlang.

Untuk diketahui, Bunda PAUD Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail baru saja melantik 15 Bunda PAUD kecamatan se-Kota Makassar di Ruang Sipakatau, Kantor Balaikota, Rabu (10/11/2021). Termasuk pengurus Pokja Bunda PAUD Kota Makassar.

Usai dilantik, para Bunda PAUD tingkat kecamatan se-Kota Makassar tersebut diharapkan mampu menjadi penyemangat membantu Pemkot Makassar membenahi pendidikan dasar di Kota Makassar.

“Kita telah memiliki program yang akan segera disusun untuk membenahi pendidikan usia dini,” ujar Indira.

Dalam kesempatan yang sama, Indira juga menampilkan desain dari Sekolah PAUD berstandar internasional yang rencananya akan dibangun di setiap kecamatan.

“Telah diusulkan ke pemerintah kota, dan alhamdulillah disetujui. Untuk tahap awal 5 sekolah, masing-masing di kecamatan Manggala, Biringkanaya, Ujung Pandang, dan 2 sekolah di Kecamatan Makassar,” lanjutnya.

Desain yang ditampilkan merupakan karya anak bangsa, lokal Makassar dari IKA Unhas, dan diharapkan nantinya mampu melahirkan generasi cemerlang.

“Insyaallah, tahun depan akan dimulai proses pembangunannya,” tambahnya. (*)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button