Ragam Jurusan Di UIN Makassar

Baaca.id — Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah, mendekati kelulusan SMA biasanya menjadi keresahan tersendiri.

Bagaimana tidak, Menentukan universitas dan jurusan kuliah terkadang tidaklah mudah. Banyak sekali pilihan yang tersedia bahkan akan membuat semakin bingung, terlebih untuk kamu yang belum memiliki ketertarikan khusus pada salah satu bidang profesi.

Untuk kamu yang tertarik berkuliah di kampus berbasis Islam, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar salah satu solusinya.

Kampus yang mengusung visi “Pusat Pencerahan dan Transformasi IPTEKS Berbasis Peradaban Islam,” ini menyediakan banyak jurusan yang beragam. Di antaranya tersedia 8 fakultas dan 1 Program Pascasarjana dengan total 47 jurusan.

Berikut penjelasan lebih dalam mengenai jurusan-jurusan yang ada di UIN Alauddin Makassar dan yang bisa menjadi pertimbangan dan minat yang sesuai dengan potensi yang kamu miliki.

Fakultas Syariah dan Hukum

1. Ilmu Hukum

Jurusan di UIN Makassar ini kamu akan mempelajari teori yang berhubungan dengan hukum. Kamu akan banyak mempelajari dan melakukan praktik hukum-hukum lama hingga moderen. Dari jurusan ini kamu bisa memilih jenjang karir hukum untuk menjadi jaksa dan pengacara.

2. Hukum Acara Pidana dan Ketatanegaraan

Di jurusan ini kamu akan lebih fokus dalam mempelajari hukum acara pidana. Lebih jelasnya hukum yang mempelajari bagaimana mengatur perkara-perkara pidana.

Dilansir dari quipper.com, jurusan di UIN Makassar ini kamu juga akan mempelajari tentang ketatanegaraan yang sekilas seperti pelajaran PPKN yang pernah dipelajari di sekolah dan tentunya saat kuliah akan dipelajari lebih mendalam lagi.

3. Hukum Acara Peradilan dan Kekeluargaan

Jika kamu senang mempelajari tentang hubungan antara orang yang satu dengan orang lainnya, maka kamu bisa memilih jurusan ini. Jurusan di UIN Makassar ini akan lebih difokuskan tentang bagaimana mengatur perkara kekeluargaan atau perdata.

4. Perbandingan Mazhab dan Hukum

Mazhab adalah pandangan atau pendapat imam tentang hukum yang berlaku dalam agama. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari teori-teori hukum Islam bersama tatanannya juga hukum-hukum moderen.

Fakultas Dakwah dan Komunikasi

1. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Jika kamu bercita-cita untuk menjadi ustaz/ustazah dan ingin berdakwah, kamu bisa menimba ilmu lebih dalam jurusan di UIN Makassar ini. Selain diajarkan tentang ilmu agama, kamu juga akan dilatih teknik berkomunikasi dan public speaking.

2. Bimbingan Penyuluhan Islam

Mirip dengan jurusan komunikasi dan penyiaran Islam, kamu akan belajar tentang bagaimana menyampaikan ilmu agama Islam dalam berbagai bimbingan dan penyuluhan-penyuluhan.

3. Pembangunan Masyarakat Islam

Jursan ini berfokus untuk mendalami bagaimana masyarakat Islam dapat berkembang. Di sini kamu akan mempelajari bagaimana metode yang dilakukan dan apa saja trik-triknya. Setelah lulus kamu bisa bekerja di lembaga swadaya masyarakat yang berfokus pada maslahat umat Islam.

4. Kesejahteraan Sosial

Jurusan di UIN Makassar ini mirip seperti jurusan pembangunan masyarakat Islam. Bedanya kamu tidak hanya mempelajari masyarakat Islam saja, tetapi secara keseluruhan.

5. Manajemen Dakwah

Jika kamu suka bekerja di balik layar, jurusan ini sangat cocok untuk kamu. Dimana kamu akan lebih fokus belajar tentang manajemen dan pengelolaan dakwah.

6. Jurnalistik

Untuk yang hobi menulis dan melakukan wawancara serta bercita-cita menjadi reporter, kamu bisa mengambil jursan ini. Di UIN Alauddin kamu akan mempelajari imu jurnalistik dengan pendekatan Islam.

7. Ilmu Komunikasi

Kamu bercita-cita bekerja di bagian humas atau public relations? Jurusan di UIN Makassar ini cocok dengan kamu. Kamu akan belajar dan bersentuhan langsung dengan dunia perhumasan jika berkuliah di jurusan ini.

Fakultas Ekonomu dan Bisnis Islam

1. Jurusan Ekonomi

Teori-teori tentang ekonomi akan kamu pelajari di jurusan ini. Banyak sekali pilihan lapangan pekerjaan yang nantinya bisa kamu pilih. Di antaranya bekerja di Bank, perusahaan dan berbagai industri lainnya.

2. Ekonomi Islam

Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang teori ekonomi khususnya Islam. Kamu bisa menjadi seorang ahli ekonomi Islam, maupun bekerja di bank syariah.

3. Manajemen

Kamu akan belajar mengenai pengelolaan sebuah organisasi secara umum dan teori. Sehingga, diharapkan ketika kamu lulus nantinya, menjadi manager maupun pengelola sebuah acara menjadi pekerjaan yang menanti kamu.

4. Akuntansi

Jurusan di UIN Makassar ini umumnya tidak pernah sepi peminat. Di sini tentunya kamu akan mempelajari teori akuntansi, keuangan beserta dengan manajemen dan administrasinya.

5. Ekonomi Pembangunan

Mirip dengan jurusan ekonomi, jurusan di UIN Makassar ini berfokus pada teori ekonomi secara mendalam. Bedanya, ekonomi pembangunan lebih menitikberatkan pada permasalahan ekonomi di negara-negara berkembang. Kamu bisa bekerja di instansi pemerintahan, bank, dan LSM.

Fakultas Sains dan Teknologi

1. Teknik Arsitektur

Di jurusan ini kamu tidak hanya mempelajari bagaimana caranya membangun rumah atau gedung, kamu juga akan mempelajari seni dalam mempercantik sebuah bangunan.

2. Teknik Informatika

Di era yang serba membutuhkan teknologi, jurusan di UIN Makassar ini paling banyak dicari. Kamu akan mempelajari tentang ilmu perkomputeran dan teknologi informasi. Setelah lulus kamu bisa menjadi seorang IT yang handal.

3. Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota

Kamu akan berurusan dengan tata ruang kota serta wilayah jika kamu berkuliah di jurusan ini. Menjadi ahli tata kota adalah salah satu pilihan karir yang dapat kamu pilih setelah lulus nanti.

4. Fisika

Banyak yang bingung jika mengambil jurusan di UIN Makassar ini nantinya akan bekerja di mana. Padahal setelah lulus kamu bisa menjadi analis di banyak perusahaan besar terkait. Kamu akan mempelajari ilmu fisika murni di sini.

5. Biologi

Suka dengan ilmu yang berkaitan dengan makhluk hidup dan ekosistem? Jurusan ini sangat cocok buat kamu. Akan terasa seru jika kamu banyak mempelajari bagaimana makhluk hidup bisa hidup dan berkembang.

6. Kimia

Gaji yang ditawarkan dari lulusan jurusan ini cukup terbilang besar. Prospek kerjanyapun sangat tinggi. Jadi, jangan takut jika kamu suka kimia namun ragu masuk jurusan kimia karena lapangan pekerjaan.

7. Matematika

Jurusan di UIN Makassar ini, kamu akan mempelajari ilmu matemaika secara mendalam. Kamu juga bisa menjadi ahli matematika yang handal dengan menjadi data analis, bahkan bisa manjadi seorang software engineer yang sukses.

8. Ilmu Peternakan

Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang segala hal yang berkaitan dengan peternakan. Baik itu teorinya, manajemen peternakan, hingga praktek langsung ke dunia peternakan seperti peternakan sapi maupun ikan.

9. Sistem Informasi

Jurusan di UIN Makassar ini agak mirip dengan teknik informasi. Bedanya, di jurusan ini kamu lebih belajar tentang teorinya.

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan

1. Kedokteran

Hal membedakan jurusan kedokteran UIN Alauddin dengan jurusan kedokteran lainnya di Indonesia adalah di jurusan ini kamu akan belajar ilmu kedokteran yang diintegrasikan dengan agama Islam.

2. Keperawatan

Jurusan ini sendiri akan melatih kamu untuk menjadi seorang perawat yang mumpuni. Buat kamu yang ingin menjadi perawat, jurusan ini merupakan pilihan yang tepat.

3. Farmasi

Bagi kamu yang menyukai pelajaran kimia namun ingin lebih fokus ke bidang obat-obatan, kamu bisa mengambil jurusan ini. Kamu akan berperan penting dalam meracik obat yang menjadi persoalan krusial dalam dunia kesehatan. Sebut saja apoteker.

Baca Juga:

4. Kesehatan Masyarakat

Jurusan kesehatan masyarakat lebih berurusan dengan dunia admisnitrasi. Sebagai lulusan kesehatan masyarakat, kamu berkesempatan menjadi tenaga ahli di rumah sakit/instansi kesehatan lainnya yang akan mengurusi persoalan seperti adminsitrasi maupun penyuluhan-penyuluhan masyarakat tentang kesehatan.

5. Kebidanan

Dengan menjadi bidan, kamu dapat membantu persalinan dengan profesional.

Fakultas Adab dan Humaniora

1. Bahasa dan Sastra Arab

Jurusan di UIN Makassar ini, kamu akan belajar tentang bahasa dan Sastra Arab. Tidak hanya bahasa namun juga sastra seperti karya tulisan dari Arab. Lulus dari sini kamu bisa bekerja sebagai penerjemah, maupun ahli Sastra Arab.

2. Sejarah dan kebudayaan Islam

Buat kamu yang menyukai bidang sejarah, di jurusan ini kamu secara khusus akan belajar tentang sejarah Islam secara luas. Kamu bisa menjadi seorang sejarawan Islam.

3. Bahasa dan Sastra Inggris

Jurusan di UIN Makassar ini, kamu akan belajar tentang bahasa dan sastra Inggris. Tidak hanya bahasa namun juga sastra seperti karya tulisan dari Inggris, drama, dan lainnya.

4. Ilmu Perpustakaan

Jurusan ini memfokuskan tentang bagaimana mengelola perpustakaan sebagai sebuah ruang publik dan sains. Kamu akan dilatih menjadi seorang pustawakan selulusnya dari sini.

Fakultas Ushuluddin dan Filsafat

1. Filsafat Agama

Di jurusan ini, kamu akan belajar soal filsafat agama. Kamu berkesempatan menjadi dosen maupun penulis buku jika kamu lulus dari jurusan ini.

2. Ilmu Aqidah

Jurusan di UIN Makassar, kamu akan belajar tentang aqidah (hukum dan tata tertib) Islam secara teoritis.

3. Sosiologi Agama

Jurusan ini cukup unik karena menggabungkan dua jenis ilmu, yaitu ilmu sains dan ilmu agama. Secara sosiologi, agama akan dibahas. Artinya hal-hal seperti tatanan sosial maupun struktur sosial dalam Islam.

4. Ilmu Hadist

Jika kamu berkenan memperdalam agama Islam, Jurusan Ilmu Hadist merupakan salah satu pilihan untuk kamu. Di sini, kamu akan belajar mengenai agama khususnya hadist.

5. Ilmu Al Qur’an dan Tafsir

Kamu akan belajar mengenai pendalaman Alquran sebagai kitab suci agama Islam beserta tafsirannya. Kamu bisa menjadi ahli tafsir, ustaz/ustazah, maupun dosen jika kamu menyelesaikan pendidikan di jurusan ini.

6. Ilmu Politik

Kamu akan mempelajari tidak hanya politik modern, namun juga politik Islam. Kamu bisa menjadi konsultan politik, bekerja di LSM maupun dosen selulusnya kamu dari sini.

7. Perbandingan Agama

Ini merupakan jurusan yang cukup unik dan hanya terdapat di UIN Alauddin. Kamu akan belajar tidak hanya mengenai agama Islam namun juga agama-agama besar lainnya.

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

1. Pendidikan Agama Islam

Jurusan di UIN Makassar ini cocok untuk kamu yang memiliki keinginan untuk menjadi seorang guru agama Islam. Di universitas umum, pilihan jurusan ini biasanya tidak tersedia

2. Pendidikan Bahasa Arab

Buat kamu yang suka dengan bahasa Arab, jurusan pendidikan bahasa Arab di UIN Alauddin ini sangat cocok untuk kamu.

3. Manajemen Pendidikan Islam

Berbeda dengan jurusan pendidikan biasa, di jurusan ini kamu lebih fokus mempelajari bagaimana mengelola manajemen pendidikan Islam, baik dalam pendidikan formal maupun non-formal.

4. Pendidikan Bahasa Inggris

Sesuai dengan namanya, jurusan ini akan mendidik dan melatih kamu untuk menjadi seorang guru Bahasa Inggris.

5. Pendidikan Matematika

Jika kamu suka dengan bidang matematika dan berminat menjadi guru, jurusan ini cocok buat kamu.

6. Pendidikan Biologi

Di sini kamu akan dilatih untuk menjadi guru biologi. Kamu bisa mengajarkan banyak hal tentang manusia, hewan, dan tumbuhan, dan melakukan praktik dengan siswa kamu nantinya.

7. Pendidikan Fisika

Ilmu fisika terdengar selalu menjadi momok menakutkan bagi banyak siswa. Jika kamu suka pelajaran fisika dan ingin mengajar fisika nantinya dengan cara yang lebih menyenangkan, kamu cocok masuk ke jurusan ini.

8. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Jurusan di UIN Makassar ini mirip dengan jurusan pendidikan dasar di fakultas ilmu pendidikan di universitas keguruan biasa, Bedanya adalah, di jurusan PGMI ini kamu dilatih untuk menjadi guru bagi sekolah dasar Islam alias Madrasah Ibtidaiyah.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button