Pilihan Jurusan di UNM yang Ramai Peminat

Baaca.id — Bagi anda yang sedang mencari universitas untuk melanjutkan studi, atau mungkin anak atau teman anda butuh referensi untuk melanjutkan jenjang ke tingkatan yang lebih tinggi, mungkin Universitas Negeri Makassar (UNM) bisa menjadi pilihan yang baik untuk anda.

Kampus yang berada di jantung kota Makassar ini, cukup menjadi primadona bagi banyak lulusan SMA/sederajat maupun bagi mereka yang ingin meneruskan studi ke tingkatan berikutnya, seperti S2 dan seterusnya.

Tidak hanya bagi mereka yang berasal dari Makassar dan sekitarnya. Para remaja lain dari seluruh Indonesia juga mulai melirik UNM, sebagai tempat untuk melanjutkan studi, dan menggapai karier yang mereka impikan.

Setiap tahunnya, UNM menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru melalui sejumlah jalur, baik itu melalui SNMPTN Undangan, jalur masuk UTBK SBMPTN, maupun jalur ujian mandiri yang diselenggarakan langsung oleh UNM.

Begitu pun untuk tahun ini. Meskipun masih diterpa pandemi, setiap jalur yang disediakan tetap dibuka sebagaimana biasanya. Hanya saja perlu dilakukan sedikit penyesuaian terkait tata cara pendaftarannya, dan sebagainya.

Baca Juga: Universitas Terbaik di Makassar yang Mempunyai Akreditasi A

Pilihan jurusan di UNM juga beragam, dan dapat mengakomodir segala macam kebutuhan di era modern saat ini.

Terdapat beberapa jurusan di UNM yang banyak memiliki peminat dari tahun ke tahun. Saking banyaknya peminat, pihak kampus terkadang sampai harus mengurangi kuota pendaftaran, supaya tidak terjadi penumpukan di fakultas/jurusan tertentu.

Lalu pertanyaannya, apa saja sih jurusan di UNM? Berikut ini langsung saja kita simak ulasannya.

Bidang Saintek (Sains dan teknologi):

Teknik Komputer

Komputer di jaman sekarang menjadi salah satu alat yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari.

Dalam program studi (prodi) ini, anda akan diajarkan secara rinci bagaimana komputer yang terdiri dari software, hardware, dan network tersebut dirancang dan dikembangkan sedemikian rupa, sehingga menjadi sebuah komputer utuh seperti yang kita gunakan pada hari ini.

Prodi ini sendiri lebih cocok bagi mereka yang kuat di bidang matematika dan logika.

Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (sering disingkat menjadi PTIK), adalah jurusan di UNM yang berfokus untuk melahirkan tenaga pendidik di bidang komputer dan teknologi pada umumnya.

Pendidikan Teknologi Pertanian

Pendidikan Teknologi Pertanian adalah jurusan di UNM yang mempelajari teknik pertanian, teknologi industri pertanian, ilmu dan teknologi pangan, teknologi kelautan dan perikanan, serta teknologi perkebunan dan teknologi kehutanan.

Bidang Soshum (Sosial Hukum):

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mengarahkan lulusannya untuk menjadi guru atau tenaga pendidik di Sekolah Dasar (SD). Namun, bukan berarti lulusan PGSD hanya bisa berkarier menjadi guru SD saja.

Beberapa lulusan jurusan PGSD di UNM juga banyak yang sukses berkarier di bidang lainnya. Para lulusan PGSD bisa berkarier menjadi peneliti pendidikan anak usia SD, atau bisa juga menjadi konsultan pendidikan anak usia dini.

Manajemen

Apabila Anda memilih prodi Manajemen sebagai jurusan di UNM, maka anda akan mempelajari banyak hal terkait dunia ekonomi dan bisnis. Pada dasarnya prodi ini mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi.

Namun pada prakteknya, ilmu yang diajarkan lebih spesifik tentang bagaimana cara mengelola, merencanakan, dan mengatur semua proses dalam perusahaan untuk mencapai suatu tujuan.

Psikologi

Inilah jurusan di UNM yang mempelajari tentang “manusia” berdasarkan individu, karena pada kenyataannya tidak pernah ada manusia yang benar-benar sama dalam ilmu psikologi.

Manusia sebenarnya adalah makhluk yang unik, bahkan ketika diberi stimulus yang sama pun responnya bisa berbeda, tergantung dari pengetahuan, pengalaman, perasaan, dan banyak faktor non-teknis lainnya.

Akuntansi

Akuntansi sudah jelas merupakan salah satu jurusan paling populer di kalangan mahasiswa di Indonesia, tak terkecuai di UNM Makassar. Lulusan dari prodi akuntansi akan mendapatkan gelar associate, dan sarjana.

Pilihan karier dari jurusan ini juga cukup menjanjikan, bila dilihat dari banyaknya pembukaan tenaga akuntan di berbagai perusahaan, larena di setiap lembaga pasti membutuhkan seorang yang ahli dalam mengatur keuangan perusahaan. Maka akuntanlah jawabannya.

Baca Juga: Rekomendasi Universitas di Makassar

Administrasi Negara

Ilmu yang mempelajari cara mengelola administrasi secara lebih spesifik, khususnya dalam mempelajari administrasi negara atau administrasi pemerintahan dan unsur-unsur yang ada di dalamnya.

Lulusan dari jurusan ini banyak yang meniti karier di kantor-kantor pemerintah, LSM, sekolah, dan sebagainya.

Mereka akan dikenal sebagai seorang yang ahli dalam pengarsipan dan segala urusan administrasi lainnya, karena urusan itu juga tidak kalah pentingnya, selain urusan dalam mengatur keuangan.

Demikian informasi mengenai sejumlah jurusan di UNM Makassar. Siapa tahu pilihan jurusan tadi bisa menjadi pencerahan bagi anda, yang mungkin masih galau menentukan masa depan studi ke depannya.

Karena masa depan yang baik, berawal dari keputusan yang matang dan terstruktur.

Related Articles

Back to top button