Kader Gelar Aksi Demonstrasi Tuntut Ketua HMI Cabang Makassar Mundur dari Jabatannya

Baaca.id, MAKASSAR – Ratusan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) melakukan aksi demonstrasi meminta Yusuf K Mariajeng mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum HMI Cabang Makassar, di Sekretariat HMI, Jalan Botolempangan, Senin, (12/7/2021) malam.

Aksi demonstrasi yang mengatasnamakan diri Solidaritas Kader HMI Cabang Makassar itu dilakukan, lantaran Ketua Umum HMI Makassar, Yusuf K Mariajeng dinilai telah melanggar konstitusi dengan menjabat selama lima tahun.

Sementara masa jabatan Ketua Umum HMI ditingkatan cabang hanya 1 (Satu) tahun.

“Saudara Yusuf K Mariajeng telah melanggar anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi, karena telah menjabat selama kurang lebih 5 tahun. Seharusnya hanya menjabat 1 tahun,” terang Abdul Azis, Kader HMI Makassar.

Selain itu, Ketua umum HMI juga dinilai telah melanggar keputusan hasil rapat pleno dua pada 11 Juni 2021 lalu, yang telah menetapkan jadwal pelaksanaan Konferensi Cabang.

“Saudara Yusuf juga melanggar putusan rapat pleno dua.Jika merujuk putusan rapat pleno dua maka hari ini, 12 Juli 2021 kita melaksanakan Konferensi Cabang,” sebutnya.

Kader HMI Makassar itu juga menuturkan bahwa, saudara Yusuf K Mariajeng, kata dia, tidak lagi berstatus sebagai Mahasiswa sebagaimana syarat yang tertuang dalam konstitusi.

“Saudara Yusuf K Mariajeng, sudah bukan lagi Mahasiswa karena telah berstatus Drop Out dari kampus Universitas Bosowa. Kalau anda tidak meyakini sebagai sebuah kebenaran, maka silakan cek namanya dipangkalan data perguruan tinggi Kemendikbud Dikti. Ini sudah bukan insan akademis namanya,” tegas Abdul Azis.

Demonstrasi ratusan kader HMI dari berbagai kampus itu juga meminta Ketua Umum Pengurus Besar HMI, Raihan Ariatama untuk menunjuk caretaker HMI Makassar sebagai langkah penyelamatan organisasi.

“Melalui aksi ini, kami menitip pesan dengan meminta Ketua umum PB HMI menunjuk Carataker HMI Makassar sebagai bentuk penyelematan organisasi yang bertugas menyelenggarakan konferensi cabang demi keberlanjutan kader,” harap Abdul Azis.

Ia juga mengimbau publik agar tidak lagi merespons saudara Yusuf K Mariajeng jika mengatasnamakan diri sebagai Ketua umum HMI.

“Kami imbau kepada publik bahwa Saudara Yusuf K Mariajeng tidak lagi berhak mengatas namakan Ketua Umum HMI,” tutupnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button