Kades di Lutra tak Boleh Gaptek, IDP Minta Perkaya Literasi

Baaca.id, LUTRA – Bupati Lutra Indah Putri Indriani mengajak kepala desa lebih siap menghadapi perubahan. Kades tak boleh gagap teknologi dan mesti menerima transformasi.

Hal ini diutarakan IDP saat memberi sambutan di hadapan 103 kades terpilih pada Orientasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa, Senin (27/9/2021), di Aula Hotel Bukit Indah.

Kegiatan ini dibagi dua angkatan. Masing-masing angkatan pertama 52 orang dan angkatan kedua 51 orang.

Bupati IDP membuka kegiatan ini. Ia mengatakan, kegiatan ini adalah bagian dari komitmen pemerintah untuk memberikan penguatan, baik personal maupun kelembagaan.

“Pemerintahan di desa terus mengalami perubahan, regulasi juga setiap saat berubah. Olehnya itu, penting untuk memperkaya literasi dan meningkatkan daya baca kita,” kata Indah.

Tugas yang tak kalah pentingnya, kata dia, adalah meningkatkan indeks desa membangun (IDM) di semua desa.

“Saya berharap IDM kita terus mengalami perbaikan dari tahun ke tahun. Nah, melalui pelatihan ini, tata kelola pemerintahan kita tentunya akan semakin kuat. Selamat bekerja, tapi kerjanya harus terarah,” tandas Bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Sementara Kepala Dinas PMD Misbah menyebutkan, tujuan kegiatan adalah meningkatkan kapasitas aparat desa menuju pemberdayaan masyarakat dalam rangka partisipasi pembangunan desa berdasarkan undang-undang yang diatur dengan tujuan meningkatkan kapasitas pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintah desa dan pelayanan publik.

Tujuan lainnya, lanjut Misbah, menciptakan aparatur desa yang andal, terpercaya, profesional, dan mampu mendorong Kepala Desa melahirkan ide-ide yang inovatif, sehingga lahir satu desa satu inovasi.

“Diharapkan aparatur desa untuk mengambil tugas dan fungsinya di desa masing-masing, utamanya dalam melahirkan inovasi di tingkat desa,” jelas Misbah.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button