Kalah dari Vietnam, Ketua PSSI Minta Segera Lakukan Evaluasi

Baaca.id — Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan pesan kepada Shin Tae-yong dan tim pelatih lainnya pasca kekalahan telak dari Vietnam. Dia meminta untuk segera dilakukan evaluasi.

“Kekalahan ini harus dievaluasi oleh tim pelatih dan dijadikan pelajaran agar pada laga selanjutnya dapat meraih hasil positif,” kata Iriawan.

Selain itu, ia juga meminta pemain tak patah semangat demi terus memperbaiki performa tim. “Pemain harus tetap fokus, disiplin dan bangkit di laga terakhir melawan Uni Emirat Arab nanti,” tegasnya.

Kekalah telak Timnas Indonesia atas Vietnam ini memang mendapat banyak kritikan. Salah satunya datang dari Jimmy Napitupulu, wasit berlisensi FIFA.

Menurutnya, para pemain Indonesia belum memahami Laws of The Game atau peraturan pertandingan. Jimmy mengatakan, sebaiknya pemahaman peraturan pertandingan dilakukan sejak usia dini. Dia mengambil contoh pembinaan usia muda di Belanda yang memberikan sesi khusus terkait pemahaman tentang peraturan pertandingan.

“Setelah selesai latihan, pemain-pemain muda diberikan pengetahuan tentang peraturan permainan sepak bola dan juga praktik di lapangan yang dipandu oleh mantan-mantan wasit yang sudah pensiun. Jadi pemain-pemain tersebut paham akan Law of The Game,” katanya.

Kritik untuk pemain Timnas Indonesia datang karena terlalu sering meminta “belas kasihan” dari wasit. Di laga melawan Vietnam, pemain-pemain Indonesia tak fokus dan mengangkat tangan saat pemain Vietnam menyentuh bola dengan tangannya.

Padahal, wasit tak meniup peluit tanda terjadinya pelanggaran. Alhasil, gol pun tercipta ke gawang Indonesia. Pemain Indonesia sempat melakukan protes, namun wasit tetap setia dengan keputusan yang diambilnya. (#)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button