Kapolri Minta Maaf Sudah Melarang Masyarakat Mudik Tahun Ini

Baaca.id, JAKARTA — Pemerintah kembali melarang masyarakat melakukan tradisi pulang ke kampung halaman pada perayaan hari Idul Fitri 2021/1442, tentu hal ini dilakukan pemerintah untuk kebaikan masyarakat. Meski demikian, masih banyak saja masyarakat yang enggan mematuhi aturan pemerintah tersebut.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat terkait pelarangan mudik lebaran tahun ini. Kapolri menyampaikan hal tersebut saat meninjau pos penyekatan mudik di Cikarang, Bekasi.

Menurut Listyo, pemerintah dan khususnya aparat kepolisian yang bersiaga mencekal perjalanan pada titik-titik penyekatan, sebenarnya tidak bermaksud melarang masyarakat mudik.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat terkait kebijakan larangan mudik Lebaran 2021. Dia berharap masyarakat bisa paham akan tujuan pemerintah menerapkan kebijakan tersebut.

“Kami aparat yang tergabung di dalam penyekatan mudik tidak bermaksud untuk melarang masyarakat mudik. Namun semua ini kami lakukan dalam rangka menjaga keselamatan masyarakat dari risiko penularan COVID-19,” kata Listyo saat meninjau di Tol Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (12/5/2021).

“Tentunya itu ada resiko apabila terpapar maka risikonya tiga kali lipat dari pada yang muda. Oleh karena itu kita jaga betul, jangan sampai di sutasi mudik lebaran ini kemudian terjadi peningkatan angka Covid-19,” pungkas Sigit.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan larang mudik lebaran pada 6-17 Mei. Untuk mengantisipasi masyarakat yang tetap melakukan mudik, pihak kepolisian melakukan penyekatan jalan di 381 titik di pulau Jawa-Sumatera.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button