Cara Membuat Karpet Eceng Gondok

Baaca.id — Tanaman eceng gondok atau Eichhornia crassipes merupakan gulma atau hama yang tumbuh di daerah perairan. Keberadaan tanaman ini sering menggangu terkadang dibuang begitu saja tanpa pengolahan lebih lanjut.

Dari sinilah kemudian muncul kreativitas yang tinggi dari sebagian orang untuk membuat aneka kerajinan tangan berbahan dasar dari eceng gondok tersebut. Salah satunya adalah karpet eceng gondok.

Nama eceng gondok di beberapa daerah mempuyai sebutan khas, yaitu kelipuk untuk wilayah Palembang. Lalu Ringgak sebutan eceng gondok asal daerah Lampung.

Lain lagi daerah Dayak menyebut eceng gondok dengan nama Ilung-ilung, kemudian daerah Manado menyebutnya dengan nama tumpe. Apapun sebutannya eceng gondok memberi inspirasi sebagian orang untuk berkreasi.

Memulai Bisnis Eceng Gondok

Saat Anda memulai belajar bisnis karpet eceng gondok dan lainnya, Anda bisa menanam di pekarangan rumah. Bisnis ini berjalan baik bila Anda memiliki kemauan dan minat yang tinggi.

Berbekal ketrampilan dan keahlian membuat anyaman eceng gondok. Pemasarannya bisa dilakukan dengan kerjasama pelaku bisnis, ke pasar atau pengepul.

Anda bisa menggunakan 1 karyawan ketika memulai bisnis ini, baru kemudian bertambah bila bisnis sudah mulai berkembang. Selain itu Anda membutuhkan peralatan penting seperti bibit eceng gondok, cangkul, golok, sabit hingga pompa air.

Eceng gondok pertanian air, maka tergantung harga dipasaran berkisar Rp 5000-9000 per kilogram. Persaingan ketat dan tinggi membuat Anda melakukan peningkatan kualitas eceng gondok.

Mesin Oven Multiguna

Alat pengeringan eceng gondok perlu dilakukan agar cepat prosesnya. Oleh karena itu mesin oven penting pengadaannya. Alat ini canggih mampu mengering dengan cepat dibandingkan manual.

Proses Pembuatan Serat Eceng Gondok

Membuat kerajinan eceng gondok membutuhkan keterampilan dan keahlian dalam proses pembuatannya. Hanya orang yang rajin, tekun, dan mempunyai keterampilan bisa berhasil pengrajin eceng gondok.

Anda juga bisa menjadi pengrajin eceng gondok, dengan mengolah tanamannya menjadi serat. Setelah tanaman eceng gondok dipetik selanjutnya dibersihkan dengan semprot pakai air bersih.

Baca Juga:

Agar kotoran yang menempel pada daunnya cepat hilang dengan membantingnya secara perlahan. Baru kemudian memisahkan eceng gondok dari tangkainya memakai pisau  atau gunting ukuran besar.

Tanpa alat tangkai dan daunnya tidak dapat dipisahkan, karena sifat eceng gondok yang ulet dan keras. Setelah itu baru dijemur di bawah sinar matahari sampai kering.

Proses pengeringan dengan sinar matahari akan menghasilkan eceng gondok yang berkualitas. Pakai oven atau alat pengering lainnya juga bisa digunakan untuk mengeringkan eceng gondok.

Membuat Pola dan Mengayam Karpet Eceng Gondok

Salah satu produk kerajinan tradisional yang berbahan dasar dari serat eceng gondok, yaitu karpet.

Salah satu cara membuat kerajinan eceng gondok dengan membuat pola yang ingin dibuat, yaitu karpet eceng gondok. Pola yang dibuat untuk mempermudah produk karpet eceng gondok.

Saat mengayamnya cukup mengikuti pola yang sudah ada. Motif karpet eceng gondok yang dihasilkan berdasarkan pada pola yang dibuat dengan berbagai ukuran.

Motif karpet eceng gondok bisa diciptakan sesuai selera seperti bentuk oval, bulat atau persegi panjang.

Ukuran dan bentuk  juga mempengaruhi harga, semakin motif bervarisai dan ukuran besar harganya makin mahal.

Motif dan Harga Karpet Eceng Gondok

Motif karpet eceng gondok berbagai macam dari motif bulat, oval hingga motif persegi panjang dengan harga terjangkau dan murah.

Ada beberapa motif karpet, salah satunya motif Rug berdiameter 100 sentimeter harganya Rp 306.000.

Motif lain yang berdiameter 120 sentimeter harganya Rp 478.000. Lalu karpet eceng gondok oval 100 centimeter x 200 centimeter Rp 1.277.400

Karpet eceng gondok bulat motif rajut Rp 420.000, karpet eceng gondok pure diameter 100 centimeter Rp 255.000, dan karpet eceng gondok bulat diameter 150 sentimeter Rp 751.000.

Itulah ulasan singkat tentang karpet eceng gondok yang bisa menginspirasi bagi Anda dan keluarga untuk alternatif pilihan bisnis usaha di masa depan.

 

Related Articles

Back to top button