Kartu Prakerja Gelombang 15 Ditutup, Begini Selanjutnya

Baaca.id, JAKARTA — Pendaftaran peserta Program Kartu Prakerja gelombang 15 resmi ditutup pada Minggu (21/3/2021). Selanjutnya, para pendaftar mesti mengikuti panduan dari manajemen program Kartu Prakerja.

Melalui akun resmi instagramnya @prakerja.go.id, manajemen program meminta pendaftar Kartu Prakerja Gelombang 15 diminta segera klik tombol “Gabung” yang ada di dashboard.

“Peserta yang lolos akan mendapat SMS pemberitahuan ke nomor yang terdaftar pada akun Prakerja milik Sobat! Pastikan nomor tersebut aktif dan jangan mengganti nomor HP,” menurut penjelasan manajemen.

Program Kartu Prakerja gelombang 15 ini diberikan kepada karyawan, pencari kerja hingga korban PHK yang ingin mendapatkan pelatihan dan insentif bantuan.

Mengutip keterangan di laman www.prakerja.go.id, Senin (22/3/2021), program Kartu Prakerja memiliki 7 tahapan.

Pertama, masuk ke situs prakerja.go.id dan buat akun dengan data diri. Tahapan kedua, calon peserta mengikuti proses seleksi.

Pada tahapan ini, peserta harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk bisa bergabung ke gelombang pendaftaran dan menunggu pengumuman hasilnya.

Setelah itu, peserta sampai ke tahapan pilih pelatihan. Dalam hal ini, peserta memilih pelatihan di mitra platform digital resmi, dan bayar dengan Kartu Prakerja.

Mitra platform digital Kartu Prakerja yang tercantum di situs resminya adalah Tokopedia, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Bukalapak, Pintaria, Pijar, Mau Belajar Apa, dan Sekolah.mu.

Selanjutnya, peserta mengikuti pelatihan. Dalam tahap keempat ini, peserta harus menyelesaikan pelatihan online dan mendapatkan sertifikat elektronik.

“Tahapan kelima adalah memberi ulasan dan rating. Berikan ulasan dan rating terhadap pelatihan kamu,” demikian keterangan di laman prakerja.go.id.

Tahapan keenam yaitu mengenai insentif pasca pelatihan. Peserta lolos akan segera dikucurkan dana sebesar Rp1 juta untuk mengikuti pelatihan dalam program tersebut.

Selain itu, peserta lolos Kartu Prakerja gelombang 15 juga akan menerima dana insentif pasca-pelatihan Rp2.400.000, yang akan diberikan sebesar Rp600 ribu selama 4 bulan.

Tahapan terakhir, yaitu insentif pasca survei kebekerjaan. Peserta mengisi survei yang diberikan pasca pelatihan untuk bisa mendapatkan insentif Rp50 ribu untuk setiap survei yang totalnya sebanyak 3 kali. (*)

Related Articles

Back to top button