Kata-kata Makassar Bikin Baper dalam Bahasa Bugis

Baaca.id — Indonesia sebagai negara kepulauan, terkenal akan keanekaragaman suku, bahasa, dan budayanya. Setiap suku, bahasa dan budaya memiliki keunikannya tersendiri salah satunya yang dimiliki yaitu suku Bugis. Suku Bugis adalah sebuah suku yang mendiami Pulau Sulawesi, khususnya daerah Makassar dan sekitarnya.

Bukan hanya kebudayaannya, yang bisa kamu pelajari juga bahasanya. Kamu bisa belajar mengucapkan kata-kata Makassar bikin baper ini dalam bahasa Bugis. Selain unik, kamu juga bisa turut serta berperan melestarikan bahasa daerah dari risiko kepunahan.

Pada perkembangannya, Suku Bugis menyebar ke seluruh penjuru tanah air, bahkan hingga ke negara tetangga seperti Malaysia.

Ada banyak pelajaran yang bisa kamu ambil dalam kata-kata Makassar bikin baper ini dalam bahasa Bugis yang romantis, bagaimana cara mencintai, berkomunikasi dengan orang lain dan memaknai cinta itu sendiri.

Jika kamu hendak mengungkapkan perasaanmu dalam bahasa Bugis, tak ada salahnya untuk menyimak informasi berikut ini mengenai kata-kata Makassar bikin baper, tulus dan menyentuh hati, yang telah dirangkum oleh merdeka.com melalui brilio.

Baca Juga:

Kata-Kata Makassar Bikin Baper dalam Bahasa Bugis yang Romantis dan Tulus

  1. Memeng maja’ tappaku, tapi maccaka jaga perasaanna towe.”
    Artinya: Memang jelek wajahku, tapi pintar jaga perasaan orang.
  2. Nippi, pattiwajo sai, cinampek sagalae’, kuwakkauwaseng.”
    Artinya: Wahai mimpi, nampakkanlah walau sekejap wajah kekasihku, agar aku puas.
  3. Mau luttu maasuwaja, tatteppa rewemuwa tosiputoto -e.”
    Artinya: Walaupun pergi jauh kemana-mana, kalau sudah jodoh pasti surut kembali.
  4. Sipongemmu kupacokkong, ribola tudangengmu, teyana mawela.
    Artinya: Sejak kita bertemu di rumahmu, sejak itulah aku kenang selalu.
  5. Iyaro mai melleku, tebbulu te;ttanete, lappa manengmua.
    Artinya: Kasih sayang yang kuberikan padamu tak satupun dapat menghalangi.
  6. Cinta itu pada anging, De’ mulle mitai, tapi mullei rasa”.
    Artinya: Cinta itu seperti angin, tidak bisa dilihat tapi bisa dirasa.
  7. Lele akkutanamukki; ala tebbulu-ekki, naleworo tasi
    Artinya: Boleh tanyakan betapa lembut jiwaku, betapa bulan hatiku, tak perlu diragukan.
  8. Tapada malani lalass nasseddingie atitta Tosilolongeng.
    Artinya: Mencapai Kesepakatan Bersama
    Mari kita tempuh jalan yang dapat menyatukan hati kita, supaya dapat mencapai sebuah kesepakatan. Salah satu cara untuk menyatukan hati, yaitu dengan cara membuat sebuah kesepakatan bersama. Hal ini tidak hanya berlaku dalam urusan cinta atau asmara saja.

    Akan tetapi dapat kita terapkan dalam berbagai hal termasuk dalam organisasi dan hidup bermasyarakat di lingkungan masing masing. Pada intinya apabila ingin menyatukan hati tidak ada pilihan lain, kecuali membuat kesepakatan.

  1. Melleki tapada melle; tapada mamminanga; tasiyallabuang
    Artinya: Hubungan Mesra.
    Mari kita saling menjalin hubungan mesra supaya cita-cita segera menjadi kenyataan. Hubungan mesra menjadi sebuah kunci kesuksesan dalam melakukan kerja samaa, hal ini tidak selalu harus dikaitkan dengan kekasih.

    Hubungan mesra pun dapat dijalin dengan siapapun, termasuk rekan kerja, orang tua, kerabat dan client.

    Kata-kata Makassar bikin baper ini menyuruh kita untuk menjalin hubungan yang mesra, agar cita-cita menjadi cepat menjadi kenyataan.

  1. Senge’ka rimula wenni kubali sen’tokko rigiling tinroku.
    Artinya: Menganang di Malam.
    Kenanglah aku ketika malam mulai gelap. Niscaya akan ku kenang pula dirimu Ketika aku terjaga di pertengahan malam. Kata-kata Makassar bikin baper ini berpesan kepada seorang yang dicintainya agar senantiasa mengenangnya.

    Ketika pasangan mengenannya, maka ia pun akan melakukan hal yang serupa untuk kekasihnya tersebut. Tentu saja sudah sepantasnya, sepasang kekasih untuk saling mengenang kebaikan, tujuannya agar cintanya semakin erat satu sama lain.

    Mengenang mungkin sesuatu yang sederhana, akan tetapi memiliki dampak yang sangat baser untuk sebuah hubungan yang sedang dijalani.

  1. Mamasepi dewata-e, nalolang sitalleyang tosipominasa.
    Artinya: Ridho Tuhan.
    Menantikan ridho Tuhan semoga kita dipertemukan. Seorang yang sedang menantikan ridho Tuhan agar dipertemukan atau dijodohkan. Seperti yang kita ketahui, yang namanya jodohnya kita tidak tahu, barangkali kita hanya dapat berikhtiar, setelah itu biarlah takdir yang menentukan.

    Banyak sekali yang telah menjadi bukti, betapa rahasianya sebuah jodoh, ada yang hanya sekali bertemu, kemudian langsung menikan, ada juga yang bertahun-tahun menjalin hubungan, akan tetapi tidak menikah.

  1. Tellu ronna sitinro‘, cinna-e udaani-e, napassengereng.
    Artinya: Cinta, Rindu, dan Kenangan.
    Tidak dapat dipisahkan antara Cinta, rasa rindu dan kenangan indah. Cinta merupakan kemulian dan anugerah yang begitu besar, dimana dalam cinta tersebut terselip sebuah kerinduan dan kenangan. Maka benar sekali, apabila cinta tidak dapat dipisahkan dengan rindu dan kenangan.

    Demikian kata-kata Makassar bikin baper dalam Bahasa Bugis ini yang dapat saya persembahkan. Kata-kata Bugis di atas memiliki makna yang begitu dalam, baik soal kehidupan ataupun cinta romantis dan kasih sayang.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button