Kebakaran Pasar Gembrong Jakarta Timur, Ratusan Toko dan Rumah Ludes Terbakar

BAACA.ID – Kebakaran hebat melanda Pasar Gembrong, Jakarta Timur yang terjadi pada Minggu hingga Senin (24-25/4). Kebakaran bermula dari salah satu kebakaran rumah lalu membesar, waktu kebakaran sekitar pukul 21.06 WIB.

Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan sumber api pertama kali diduga muncul lewat hubungan arus pendek listrik dari sebuah rumah berlantai dua. Pemilik rumah telah memanggil warga untuk memadamkannya namun tak sanggup memadamkan api karena kebakaran makin membesar dan merembet ke bangunan lain.

“Pemilik rumah teriak terjadi kebakaran, dan warga berusaha memadamkan api. Namun, api cepat sekali membesar dan merembet ke sekitar karena bangunan sektiar terbuat dari kayu,” kata

Kebakaran besar itu kemudian ditangani dengan menerjunkan 130 personel dan sebanyak 26 unit mobil pemadam kebakaran. Api mulai berhasil dijinakkan dan proses pendinginan sekitar pukul 01.08 WIB. Setelah itu, petugas melakukan penyisiran di lokasi.

Dalam peristiwa tersebut 450 kepala keluarga atau sekitar 1000 jiwa di lima RT Kelurahan Cipinang Besar Utara terdampak kebakaran itu. Serta total luas wilayah yang terbakar mencapai 1.200 meter persegi.

“Objek terbakar 400 bangunan rumah dan pertokoan di RT 2,3,4,5, dan 6 RW 01 [Kelurahan Cipinang Besar Utara],” katanya.

Baca Juga:

Lebih lanjut, Gatot juga menjelaskan total kerugian kebakaran yang membuat ludes 400 bangunan dan toko di Pasar Gembrong, Jakarta Timur ditaksir mencapai Rp1,5 miliar.

“Kerugian kurang lebih Rp1,5 miliar rupiah. Sebanyak 450 kepala keluarga atau 1000 jiwa di lima RT terdampak,” kata Gatot dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (25/4) dini hari.

Usai insiden kebakaran terjadi, kata ‘Pasar gembrong’ masuk menjadi jajaran trending topic di media sosial Twitter yang dibahas warganet di Indonesia pada Senin (25/4) dinihari tadi.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button