Ini Kegunaan Paket Ilmupedia dan Cara Aktivasinya

Baaca.id — Pandemi Covid-19 memang telah membuat seluruh sendi kehidupan menjadi berubah total. Semuanya berbalik 180 derajat. Termasuk bekerja dan sekolah yang terpaksa harus dilakukan di rumah saja.

Keadaan ini justru dimanfaatkan oleh provider sebagai peluang baru sekaligus membantu pemerintah, dengan mengembangkan fitur komunikasi berbasis digital.

Demikian halnya dengan Telkomsel, sebagai perusahaan komunikasi milik bangsa, Telkomsel juga berupaya menyelaraskan layanannya dengan keadaan saat ini. Paket-paket komunikasi pun dihadirkan.

Sebut saja, paket CloudX yang digunakan untuk meeting secara virtual sehingga kegunaan paket Ilmupedia lebih terfokus pada dunia pendidikan.

Baca Juga: Permainan Boi-boian, Jadul tapi Mengasyikkan

Paket Ilmupedia

Akan halnya paket Ilmupedia, Telkomsel nampaknya konsisten membuktikan perhatiannya untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Provider ini membundling dua jenis kuota sekaligus dengan harga yang murah.

Meskipun paket Ilmupedia ini sudah diluncurkan sejak November 2019 namun sudah mampu menyesuaikan keadaan ketika pandemi Covid-19 mewabah.

Dengan meluncurkan paket Ilmupedia ini, Telkomsel berkomitmen memudahkan proses belajar siswa dan mahasiswa dalam mengakses platfom e-learning.

Lebih Terjangkau

Kegunaan paket Ilmupedia lainnya adalah jauh lebih terjangkau dibanding paket-paket Telkomsel lainnya. Contoh; paket Cakap yang diluncurkan berbarengan dengan paket Ilmupedia, harganya justru jauh lebih mahal dari paket Ilmupedia.

Sebagai perbandingannya untuk paket termurah ini, jika paket Cakap dibandrol seharga Rp 30 ribu, maka paket Ilmupedia hanya dijual Rp 25 ribu perpaket. Harga ini berlaku untuk seluruh wilayah Indonesia dan tanpa pembagian kuota berdasarkan waktu.

Di kegunaan paket Ilmupedia sebelumnya, siswa bisa mendapatkan dua jenis kuota yang berbeda sekaligus, yakni; kuota aplikasi belajar Ruangguru dan kuota Cakap.

Dengan harga yang relatif murah itu, tiap siswa akan mendapatkan kuota sebanyak 3 gigabyte (GB). Di awal peluncurannya, Telkomsel merinci pembagian kuota Ilmupedia; 2 gigabyte digunakan untuk penggunaan aplikasi Cakap dan Ruangguru dan sisanya untuk mengakses internet umum.

Belakangan, Telkomsel mengubah kebijakan akses aplikasi jika semula dalam rinciannya hanya terdapat akses untuk aplikasi Ruangguru dan Cakap, kini akses untuk semua platform e-learning sudah bisa diakses melalui paket Ilmupedia.

Akses Aplikasi yang Tak Terbatas

Penambahan akses itu meliputi untuk Google Classroom, Rumah belajar, Quiper, Zenius, Bahaso, Cakap, AyoBlajar, Kippin School, Sekolahmu, Udemi, Duolingo, dan semua aplikasi belajar daring lain.

Kegunaan paket Ilmupedia ini juga tak terbatas untuk siswa saja. Tapi juga menyasar ke mahasiswa dengan kebebasan mengakses platform e-learning semua jenjang pendidikan.

Cara Aktivasi

Dengan masa aktif yang relatif panjang, hingga 30 hari sejak dari pertama di aktifkan. Kegunaan paket Ilmupedia terbukti efektif membantu proses belajar mengajar siswa dan mahasiswa.

Baca Juga: Telkomsel Berikan Fasilitas Internet Gratis untuk Jurnalis

Cara aktivasinya pun cukup mudah. Untuk pengguna seluruh produk prabayar Telkomsel (Simpati, As maupun Simpati Loop) cukup dengan mengakses *363*844#.

Tiap kali mengaktifkan paket Ilmupedia, pelanggan bebas memilih beragam voucher diskon aplikasi edukasi dengan berbagai pilihan.

Pilihan voucher seperti diskon berlangganan English Club di aplikasi Cakap, diskon berlangganan General English di Bahaso, diskon di aplikasi Quipper atau bebas biaya akses di aplikasi Zenius.

Pilihan Paket Ilmupedia

Terdapat dua pilihan jenis kuota Ilmupedia yang bisa kamu pilih berdasarkan jumlah kuotanya yakni;

1. Ketengan Ilmupedia 22 GB

Di paket yang dibandrol Rp 40 ribu ini, kamu akan mendapatkan kuota pendidikan sebanyak 20 GB ditambah akses internet umum sebanyak 2 GB.

Kegunaan paket Ilmupedia 22 GB ini adalah dapat mengakses aplikasi dan situs web Rumah Belajar, Ruangguru, Zenius, Kelas Pintar, Quipper, Birru, Smartpi dan berlaku selama 30 hari.

Selanjutnya, Udemy, Duolingo, Sekolah.mu, Cakap, Bahaso, Cambridge Assessment English, Kipin School 4.0, Pijar Sekolah, Pahamify, BelajarPedia, aplikasi belajar lainnya, serta ratusan e-learning universitas di Indonesia.

Paket ini berlaku untuk semua jaringan Telkomsel; 2G/3G/4G.

2. Ketengan Ilmupedia 11 GB

Untuk paket yang paling banyak diminati kalangan siswa dan mahasiswa ini. Kamu bakal mendapatkan kuota pendidikan sebanyak 10 GB ditambah 1 GB kuota umum.

Untuk kuota 11 GB ini dijual seharga Rp 25 ribu dengan masa aktif selama 30 hari.

Tiap pelanggan untuk paket ini akan mendapatkan akses platform e-learning yakni; Rumah Belajar, Ruangguru, Zenius, Kelas Pintar, Quipper, Birru, Smartpi, Udemy, Duolingo.

Kemudian, Sekolah.mu, Cakap, Bahaso, Cambridge Assessment English, Kipin School 4.0, Pijar Sekolah, Pahamify, BelajarPedia, aplikasi belajar lainnya, serta ratusan e-learning universitas di Indonesia.

Kelemahan Paket Ilmupedia

Dibalik kegunaan paket Ilmupedia dan keunggulannya, terdapat beberapa kelemahan yakni; tidak semua menu di beberapa platform yang bisa diakses dengan bebas, seperti pada aplikasi Ruangguru dan Cakap.

Sehingga ketika kamu mengakses menu yang tidak di cover oleh paket Ilmupedia maka kuota yang terpakai adalah kuota umum.

 



Related Articles

Back to top button