Kekayaan Kepala Bapenda Makassar Jadi Sorotan

Andi Irwan Adnan: Semua Bisa Dipertanggungjawabkan

Baaca.id, MAKASSAR — Harta kekayaan yang dimiliki Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar, Andi Irwan Adnan saat ini tengah menjadi sorotan.

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) mendata, harta yang dimiliki Andi Irwan pada tahun 2018 mencapai Rp53,6 miliar. Hal itu diketahui usai dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menanggapi banyaknya sorotan terkait kekayaannya, Andi Irwan mengatakan, dirinya berani untuk mempertanggung jawabkan hal tersebut.

“Yang jelas kalau LHKPN, sudah terklarifikasi dan terverifikasi sama KPK, masa lembaga seperti KPK, kita mau ragukan lagi. Termasuk peningkatan harta kan sudah jelas sekali, itu semua bisa dipertanggung jawabkan,” jelasnya, Senin (5/4/2021).

“Harusnya saya kan diapresiasi karena berani mengungkap harta. Apakah yang saya lakukan? Tidak cukupkah ini saya tingkatkan pendapatan?,” lanjut dia.

Sebelumnya, Irwan mengatakan, bahwa harta yang didata melalui LHKPN merupakan harta miliknya pribadi. Namun pada tahun berikutnya, harta milik keluarga juga ikut dimasukkan. Hal itu, yang membuat adanya lonjakan pada data harta kekayaan milik Irwan.

“Pada 2017 yang saya laporkan harta kekayaan secara pribadi, kemudian terjadi perubahan pada 2018 karena diakumulasikan dengan aset keluarga termasuk istri,” ungkapnya beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto alias Danny Pomanto merespons ada salah satu pegawainya memiliki harta kekayaan lebih dari dirinya, Danny tak ingin membiarkan hal tersebut.

“Kita tidak boleh suuzan (berburuk sangka) sama orang. Tetapi kita tidak boleh juga membiarkan hal ini,” ucapnya.

“Saya ini wali kota, mestinya saya yang paling banyak penghasilanku, dan sebelumnya ada memangmi uangku,” sambungnya.

Oleh karenanya, Danny mengatakan, dirinya terbuka jika ada pihak yang berkepentingan untuk melakukan investigasi.

“Wali kota saja tidak mungkin kaya mendadak. Saya 5 tahun jadi wali kota, ada perubahan di situ? Mobilku saja berkurang,” tandasnya. (efrat)

Related Articles

Back to top button