Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Menyandera Pesawat Susi Air

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) menyandera pesawat dari maskapai milik mantan menteri kelautan dan perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti.

Baaca -Jayapura Kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, menyandera pesawat perintis milik Susi Air jenis Pilatus PC-6 S1-9364 PK BVY di Lapangan Terbang Wangbe, Distrik Wangbe, Kabupaten Puncak, Papua. TNI mengatakan aksi KKB itu dipicu rasa kecewa lantaran tak diberi dana desa oleh kepala kampung setempat.

Pesawat Pilatus PC-6 S1-9364 PK BVY milik PT. Asi Pudjiatuti Aviation itu disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) saat berada di Lapangan Terbang Wangbe, Distrik Wangbe, Kabupaten Puncak, Papua pada Jumat, 13 Maret 2021 lalu.

Pesawat milik PT. ASI Pudjiastuti Aviation itu semula terbang dari Timika ke Lapangan Terbang Wangbe, Jumat (12/3). Pesawat perintis itu membawa tiga penumpang, yaitu Ricky Dolame, Arikala Dolame, dan Arike Wandikbo.

Pesawat Susi Air disandera oleh 30 orang Kelompok kriminal bersenjata (KKB) selama dua jam, tepatnya sekitar pukul 06.20 WIT.

Dua di antara puluhan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) membawa senjata laras panjang. Beruntung selama disandera 2 jam, pilot dan tiga penumpang tidak mengalami tindak kekerasan, walaupun  sempat ditodong senjata,” pada Sabtu, 13 Maret 2021.

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sempat melarang agar pesawat Susi Air tidak membawa penumpang aparat TNI/Polri.

TNI mengatakan aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) itu dipicu rasa kecewa lantaran tak diberi dana desa oleh kepala kampung setempat.

“Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sempat mengancam agar pesawat maskapai Susi Air dilarang membawa penumpang aparat TNI/Polri dan KSB KSB (kelompok sipil bersenjata-sebutan KKB versi TNI) juga menyampaikan kekecewaannya dengan kepala kampung karena tidak memberikan dana desa,”

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi mengatakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tidak berhak mendapatkan dana desa. Dana Desa digunakan untuk pembangunan desa dan peningkatan kesejahteraan warga desa.

Pemanfaatan dana desa, lanjutnya, digunakan untuk tugas prioritas nasional, ketahanan pangan, penanggulangan COVID-19, serta infrastruktur desa. Ia membeberkan contoh penggunaan dana desa di Desa Ilambet, Ilaga, Kab Puncak, Papua antara lain untuk posyandu Rp 64 juta, pemeliharaan jalan Rp 50 juta, rehabilitasi rumah Rp 168 juta.

Kemudian ada juga untuk peningkatan kapasitas perangkat desa Rp 55 juta dan penanganan keadaan mendesak BLT dana desa Rp 504 juta.

Setelah dibebaskan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), pesawat Susi Air PK BVY itu lepas landas menuju Terminal UPBU Bandara Moses Kilangin Timika.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button