Kena Batunya! Polisi Ringkus Kawanan Begal di Makassar

Baaca.id, MAKASSAR – Polsekta Mamajang Kota Makassar meringkus 4 kawanan begal Ahad malam. Para begal ini dikenal sadis saat beraksi.

Keempat pelaku masing-masing berinisial JF (17), AN (17), VL (17) dan DF (17). Keempatnya diciduk dari tempat berbeda, sejak Ahad malam hingga Senin pagi.

“Mereka memang kawanan curas yang cukup meresahkan selama ini. Saat beraksi mereka tak segan melukai korbannya,” ujar Kapolsek Mamajang AKP Mariana Taruk Rante, Selasa (19/10/2021).

Kawanan ini diringkus usai melakukan tindak percobaaan pencurian dengan kekerasan (curas) di Jalan Lanto Dg Pasewang, depan Kantor Kodim 1408/BS. Dari tangan mereka disita senjata tajam dan panah (busur).

Mariana mengungkapkan, dari empat pelaku yang diamankan, dua di antaranya pernah terlibat kasus kekerasan jalanan. Juga pernah ditahan karena membawa senjata tajam dan busur.

Satu pelaku lainnya juga sudah beberapa kali ditangkap dan menjalani hukuman dalam kasus perang kelompok.

“Jadi mereka ini memang ada beberapa yang sudah residivis. Pernah dihukum karena kasus kekerasan. Usia mereka masih 17 tahun rata-rata tapi sudah beberapa kali ditahan,” jelasnya.

Dalam bekerja kata Mariana, mereka juga berbagi peran.

“AN (17) perannya sebagai otak dalam aksi ini, JF (17) sebagai joki AN dan DF sebagai joki VL, dan VL yang bawah senjata tajam (busur),” ujar Mariana.

Sementara tiga rekan mereka saat ini masih buron. Petugas tengah melakukan pengejaran.

“Kita perkirakan mereka masih di Makassar. Saat petugas sedang melakukan pengejaran,” paparnya.

Ketiga rekan tersangka yang buron juga masih berusia remaja. Ketiganya ini diduga sebagai otak dan eksekutor.

Dalam penyergapan Ahad malam petugas mengamankan 1 unit Yamaha Fino warna merah putih dengan nopol DD 6692 SQ. Dan 1 unit Yamaha Mio im3 warna putih biru dengan nopol DD 2157 QF. Turut pula disita 1 buah anak panah, dan 1 buah sarung senjata tajam (samurai).

Keempat pelaku dijerat pasal 368 ayat (1) KUHP Jo. Pasal 55 ayat (1) KUHP Sub Pasal 336 ayat (1) KUHP.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button